Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Senin, 01 Juli 2024

Bougenville, Bunga yang Populer sebagai Penghias Taman dan Pekarangan Rumah



Bougenville (Bougainvillea) merupakan tanaman hias yang sangat populer. Di Indonesia bunga bougenville juga sering disebut sebagai bunga kertas. Bougenville lebih banyak ditanam di taman kota atau pekarangan, perkantoran, dan perumahan.

Bougenville, termasuk tanaman hias yang perawatannya tergolong mudah, maka banyak orang Indonesia memilih tanaman ini sebagai penghias taman. Bunga bougenville juga sangat cocok ditanam di daerah iklim tropis seperti Indonesia.

Bougenville sering dijadikan tanaman pagar atau penghias taman


Bunga bougenville berasal dari Amerika Selatan. Namun nama yang dikenal saat ini merupakan penamaan dari bahasa Inggris, yaitu bougainvillea. Kata ‘bougainvillea’ diambil dari nama seorang prajurit Angkatan Laut asal Prancis, Sir Louis Antoine de Bougainville.

Baca juga : Gerbera, Komoditas Bunga Potong yang Semakin Banyak Peminatnya

Bunga ini memiliki beberapa macam jenis, namun ada 5 jenis yang paling populer seperti Lady Mary Baring, Bougainvillea Pultonii, Bougainvillea Elizabeth Angus, Bougainvillea Easter Parade, dan Bougainvillea Red.

Bonsai Bougenville


Tanaman bougenville dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 hingga 15 meter, terutama jika ditanam di daerah khatulistiwa dengan wilayah beriklim tropis. Namun demikian, tanaman ini sulit untuk tumbuh secara tegak dan cenderung menjalar.

Bunga kertas memiliki akar jenis tunggang yang berbentuk vertikal. Akar ini cukup lebar dan dapat menembus tanah dengan kedalaman sekitar 50 hingga 80 cm. Batang tanaman bougenville berstruktur keras dan memiliki banyak percabangan. Tanaman bougenvill juga ditumbuhi duri tajam pada area batangnya.

Bougenville Bambino Baby Lauren


Bunga bougenville berukuran kecil dan bentuknya menyerupai terompet. Terdiri dari 3 kelopak dan dilapisi dengan seludang bunga. Bagian bunganya dikelilingi oleh seludang bunga yang membuat bunga ini tampak semakin indah.

Banyak yang mengira seludang bunga adalah kelopak bunga bougenville. Tetapi sebenarnya seludang bunga adalah daun yang berukuran agak besar dan berfungsi untuk melindungi bunga. Warna seludang bunga pada tanaman bougenville beragam.

Bougenville Alexandran


Ada yang berwarna merah, kuning, jingga, putih, dan ungu. Bunga bougenville juga sering disebut sebagai bunga kertas karena tekstur seludang bunganya yang sangat tipis. Teksturnya hampir menyerupai kertas.

Baca juga :  Bunga Desember, Tanaman Hias Unik yang Mekar pada Akhir Tahun

Daun tanaman bougenville berukuran lebar dengan bentuk bulat telur, namun ada juga yang berbentuk elips atau bujur tirus. Bagian ujungnya meruncing. Daun bougenville merupakan jenis daun tunggal, panjangnya dapat mencapai 4 sampai 10 cm, sedangkan lebarnya kira-kira 2 sampai 6 cm.

Bougenville Barbara Karst

Daun tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat rimbun. Oleh karena itu, tanaman bougenville sering dijadikan rimbunan pokok untuk pekarangan rumah. Selain itu, bisa juga dijadikan tumbuhan pagar, agar pagar tampak lebih menarik dan indah dipandang.

Tanaman bougenville akan merontokkan beberapa daunnya saat bunganya mekar. Namun daun yang rontok tersebut tidak terlalu banyak dan tidak sampai habis. Tumbuhan bougenville yang hidup di alam liar mampu tumbuh hingga 5 sampai 10 meter.

Bougenville Bambino Majik


Sedangkan jika dijadikan tanaman hias umumnya pertumbuhannya tidak begitu maksimal. Biasanya tanaman ini dibiarkan tumbuh setinggi 1 meter. Selain itu menjadi tanaman hias, tanaman bougenville juga dapat digunakan sebagai bahan bonsai. Bonsai bougenville tampil dengan ukuran mungil disertai bunga yang tumbuh rimbun.

Di negara-negara seperti India, Australia, dan beberapa negara bagian di Amerika, bunga bougenville banyak ditanam di sepanjang jalan, taman, atau dijadikan penghias bangunan sebagai tanaman rambat. Tanaman bougenvile bisa menjadi dekorasi alami yang memperindah bangunan.

Bougenville Cherry Blossom


Di Hawaii, bunga bougenville disebut pua kapalo, artinya adalah bunga setan. Namun uniknya, terlepas dari namanya yang terkesan negatif, orang Hawaii sering menjadikan bougenville sebagai pelengkap dalam berbagai acara perayaan. Misalnya dalam acara pernikahan atau menyambut tamu.

Baca juga : Bunga Mawar Salah Satu Flora Tertua di Dunia

Bunga bugenvil akan dijalin dan dirangkai dengan benang, serta diletakkan pada wadah yang cantik. Bunga bougenville memiliki jenis yang cukup banyak dengan warna yang semuanya cerah dan tentunya akan sangat indah jika ditanam di depan rumah.

Bougenville Gold Rush


Diantaranya Bougenville Bambino Majik, Bougenville Barbara Karst, Bougenville Alexandra, Bougenville Coconut Ice, Bougenville Cherry Blossom, Bougenville Baby Victoria, Bougenville Bambino Baby Lauren, Bougenville Bambino Baby Allison, Bougenville Gold Rush, dan juga Bougainvillea California Gold. (Ramlee)



Sumber : remen.id


Bougenville, Bunga Kertas Cantik Penghias Pekarangan Rumah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...