Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 03 Juni 2023

Kenari Lancashire, Kenari Bertubuh Besar yang Bangkit dari Kepunahan

 



Awal keberadaan burung kenari baru diketahui pada abad ke-15 , ketika ditemukan pertama kali oleh pelaut asal Perancis Jean De Berthan Cout di pulau Canary. Sehingga nama pulau tersebut diabadikan jadi nama burung jenis ini.

Burung kenari sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah kenari lancashire. Kenari ini memiliki postur tubuh yang besar. Kenari lancashire diyakini sudah ada di Inggris sejak abad ke-18, yakni sekitar tahun 1870.

Kenari lancashire ini banyak digunakan untuk mengembangkan jenis kenari lainnya seperti crested, norwich, dan yorkshire. Waktu itu banyak sekali penangkar yang melakukan perkawinan silang (persilangan/crossing), demi mendapatkan kenari jenis baru.

Kenari lancashire ada yang berjambul dan yang tidak
 

Upaya breeding tersebut tanpa diimbangi dengan membudidayakan kenari lancashire itu sendiri. Sehingga jumlah burung kenari lancashire galur murni (standar) pun menurun drastis, dan dinyatakan punah pada masa Perang Dunia II.

Baca juga :  Burung Kenari, Burung Berbulu Cantik Bersuara Sangat Merdu

Lancashire merupakan jenis kenari terbesar di Inggris. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 cm lebih. Postur tubuhnya cukup gagah dan berkesan mewah, karena sejak awal memang sengaja dikembangkan untuk bisa berdiri tegak.

Sekilas penampilannya memang mirip dengan kenari yorkshire, yang juga mempunyai perawakan besar itu. Tetapi jika diperhatikan betul dari dekat akan tampak beberapa perbedaan antara kenari lancashire dengan yorkshire.

Seperti, leher kenari lancashire lebih panjang dan lebih tebal. Bentuk dadanya pun lebih bulat dan berisi. Bulu-bulunya jika dirasakan juga jauh lebih halus. Ada dua jenis kenari lancashire, yaitu berjambul mirip tapal kuda atau disebut coppies, dan tidak berjambul yang disebut plainhead.

Budidaya kenari lancashire
 

Perawatan kenari lancashire tidak jauh berbeda dari perawatan kenari jenis lainnya. Yang penting sediakan pakan bijian berkualitas, serta pakan tambahan berupa buah dan sayuran segar setiap harinya.

Baca juga : Ciblek, Jenis Burung Pengicau Bersuara Nyaring

Ketika burung mulai memasuki masa mabung, perawatan harus lebih ditingkatkan. Sebab kenari ini memiliki bulu-bulu yang cukup lebat dan tebal. Yang harus diperhatikan juga adalah pola perawatannya, jangan sampai mengalami kegemukan.

Untuk menghindari kegemukan yang bisa menyebabkan burung lamban dan malas beraktivitas, kenari lancashire harus aktif bergerak. Setiap 1-2 minggu sekali kenari ini harus selalu dilatih dalam sangkar yang luas atau menggunakan kandang umbaran.

Kenari lancashire yang ada saat ini merupakan hasil rekonstruksi dari keturunan-keturunan induknya yang pernah memberikan kontribusi pada jenis kenari lain pada masa lalu. Sehingga tidak salah kiranya jika julukan kenari yang “bangkit dari kepunahan” pantas diberikan kepada kenari lancashire.

Kenari lancashire si kenari raksasa
 

Burung Kenari Lancashire tidak membutuhkan sangkar yang terlalu luas. Untuk sangkar harian bisa diberikan sangkar yang berukuran kurang lebih panjangxluasnya 40cmx 202 cm dengan tinggi 25 cm dengan dua tangkringan yang terbuat dari kayu.

Baca juga :  Puyuh, Burung Kecil yang Bisa Mendatangkan Rejeki

Untuk Kenari betina, kenari yang sedang mabung, dan anakan kenari bisa ditempatkan di sangkar umbaran, biasanya anakan kenari dipelihara sampai selesai mengalami fase mabungnya. Untuk sangkar umbaran biasanya dibuat dengan ukuran sekitar 100x45x50 cm. (Ramlee)




Sumber : remen.id


Kenari Lancashire Burung Kenari Terbesar di Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...