Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 07 September 2024

Kontes Nasional Aglaonema Nusantara #4, DPC ASA Tangerang Raya Sajikan Rangkaian Acara Menarik



DPC ASA Tangerang Raya akhir minggu ini akan menggelar acara besar kontes aglaonema tingkat nasional, pada hari Jum’at hingga Minggu, 6-8 September 2024 di Teras Kota BSD, CBD Lot VII B, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Gelaran bertajuk Kontes Nasional Aglaonema Nusantara #4.

Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung Kontes Nasional Aglaonema Nusantara #4 2024 akan disuguhkan dengan berbagai program menarik yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi dan berbagi pengetahuan antara para pelaku industri dan penggemar tanaman aglaonema.

Para juri ASA kawal langsung gelaran Kontes Nasional Aglaonema Nusantara #4 Tangerang Raya

Di antaranya pameran dan bazzar aneka ragam tanaman aglaonema dengan hadirkan para pembudidaya tanaman aglaonema. Acara ini akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memamerkan hasil budidaya mereka kepada masyarakat luas.

Pameran dan bazzar tanaman aglaonema ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan konsumen dan produsen, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang penting bagi masyarakat. Dengan pameran ini, kesadaran akan keanekaragaman tanaman hias aglaonema dapat meningkat, sekaligus memberikan pengetahuan dan informasi terbaru kepada para pecinta tanaman.

Para peserta kontes dituntut menampilkan tanaman aglaoenama terbaik miliknya

Ajang pameran ini akan menjadi salah satu acara yang sangat penting bagi para pelaku industri dan pecinta tanaman aglaonema. Apalagi, Indonesia memiliki potensi dengan keanekaragaman hayatinya yang melimpah dan terus berkembang.

“Tanaman jenis aglonema ini bagi beberapa kalangan akan dirasa mahal. Karena keunikan daunnya, pertumbuhannya, dan dari sekitar 500 lebih jenisnya ini seakan membawa karakternya sendiri-sendiri,” ujar Khumai, salah satu panitia. “Setiap orang akan tertarik dengan jenis yang berbeda, dan menginginkan koleksi yang berbeda pula,” tambahnya.

(Alm) Greg Hambali, Bapak Aglaonema Indonesia

“Kalau sekarang kan bunga ini harganya nggak setinggi dulu. Dengan ikut serta dalam pameran, keinginannya pelaku usaha bisa lebih dikenal luas. Sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih banyak diketahui dan diserap masyarakat,” tandasnya.

Sementara pada hari Sabtu, 7 September 2024 akan diadakan Rekernas Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA). Rakernas akan mengevaluasi sejumlah capaian kinerja di tahun 2024 sekaligus target program tahun 2025. Rakernas juga akan merumuskan sejumlah langkah strategis dalam rangka menguatkan tujuan keberadaan organisasi.

Pameran dan Bazzar aglaoenema akan memberikan edukasi masyarakat tentang tanaman ini

Rapat Kerja Nasional ASA ini akan menjadi forum strategis untuk mengevaluasi sejumlah capaian kinerja organisasi selama tahun 2024. Bersamaan itu, akan dikaji kembali juga program kerja ASA di tahun 2025 berikut strategi pencapaiannya.

Sementara pada hari Minggu, 8 September 2024 akan digelar Kontes Nasional Aglaonema Nusantara #4. Salah satu tujuan kontes seperti adalah adalah untuk memperkuat tali persaudaraan sesama penghobi aglaonema di seluruh Indonesia.

Di sela-sela kontes akan dilakukan lelang aglaonema

Peserta dari berbagai daerah akan membawa aglaonema terbaik kesayangannya untuk berpartisipasi dalam kontes tersebut. Menurut Khumai, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan kontes ini. “Peserta akan datang dari berbagai daerah di Indonesia, jadi tidak hanya di sekitaran Tangerang saja,” jelas Khumai.

Terdapat 2 kategori yang dilombakan. Yakni kategori umum yang akan melombakan kelas Juvenile (max 9 daun), kelas Tunggal Dewasa (min 10 daun), kelas Majemuk/Rumpun (min 3 rumpun bukan grouping). Kemudian kategori Hybrid Greg, kelas Juvenile (max 9 daun), kelas Tunggal Dewasa (min 10 daun), kelas Majemuk/Rumpun (min 3 rumpun bukan grouping).

Panitia melakukan rapat pemantapan di ruang VIP Bakmi Cak Jojo Mall Teras Kota

Pemenang kontes mendapatkan uang tunai, piagam, dan tropi. Ada beberapa kriteria penilaian juri berdasarkan standar serta kisi-kisi penilaian yang telah ditetapkan oleh ASA. Mulai dari penilaian kesehatan dan kebersihan tanaman, kestabilan pertumbuhan tanaman, hingga kepiawaian pemilik tanaman dalam menampilkan performa terbaiknya di atas meja kontes.

Akan ada bonus penghargaan bagi pemenang. Panitia akan memberikan hadiah bagi juara 1,2, dan 3 buat kategori umum dan hybrid Greg berupa Aglaonema Lotus Delight. Selain itu banyak doorprize menarik yang disediakan oleh panitia, diantaranya ada motor matic, sepeda listrik, dan lemari es. Sangat menarik untuk diikuti setiap rangkaian acara yang sudah ditata oleh DPC ASA Tangerang Raya. (Ramlee)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...