Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Minggu, 08 September 2024

Platy, Ikan Hias Air Tawar Imut Penghias Aquascape



Platy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dalam genus Xiphophorus yang cukup disukai oleh para pecinta ikan hias. Ada banyak faktor yang membuat ikan hias ini sangat digemari salah satunya adalah karena cara merawat ikan hias yang satu ini terbilang cukup mudah, oleh pemula sekalipun.

Platy berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, terutama ditemukan di habitat alami seperti sungai, rawa, dan kolam air tawar. Ikan cantik yang satu ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, inilah salah satu alasan kenapa ikan hias yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia yang alamnya cenderung berbeda.

Ikan Platy dikenal karena warna cerah dan pola yang menarik pada tubuhnya, yang seringkali meliputi berbagai variasi seperti warna merah, biru, kuning, dan oranye. Selain itu, ikan ini juga dikenal dengan bentuk tubuhnya yang ramping dan sirip yang elegan.

Ikan platy di dalam aquascape

Ikan platy adalah spesies ikan hias air tawar yang ramah dan damai, sehingga cocok untuk pemula maupun penghobi yang lebih berpengalaman dalam dunia akuarium. Ikan platy juga mudah dipelihara dan cukup toleran terhadap perubahan kondisi air yang umumnya terjadi dalam akuarium.

Baca juga : Molly, Ikan hias Air Tawar Sudah Sejak Lama Digandrungi Hobis

Karena sifatnya yang sosial, platy biasanya ditempatkan dalam kelompok di dalam akuarium, dan akan berenang serta berinteraksi bersama. Dengan kombinasi warna yang mencolok dan tingkah laku yang aktif namun damai, ikan Platy merupakan tambahan yang indah dan menyenangkan untuk setiap akuarium air tawar.

Platy White Mickey Mouse

Ikan hias ini tidak tumbuh cukup besar, ukuran maksimum ikan ini hanya sekitar 4-6 cm saja. Ada banyak sekali jenis ikan platy yang corak warnanya sangat beragam. Ciri khas ikan hias ini adalah memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan pendek serta memiliki ekor yang lebar.

Meskipun beberapa jenis platy ada yang memiliki bentuk tubuh cukup ramping, namun kebanyakan gemuk. Bahkan untuk orang awam, ikan platy terkadang kesulitan membedakan beberapa jenis ikan platy dengan ikan molly.

Ikan platy membutuhkan lingkungan dengan suhu antara 22-26 derajat celcius dengan pH antara 7,0-8,3. Ukuran ikan ini sekitar 4-6 cm. Umur ikan platy 3-4 tahun. Penggantian air 20% dari total air akuarium setiap minggunya.

Di habitat asal, platy senang menempati daerah dengan dasar pasir atau lumpur dengan vegetasi yang lebat. Ikan ini bisa di temukan di sungai, kanal rawa-rawa, dan mata ari hangat. Vegetasi yang lebat di gunakan platy untuk menghindari predator, karena platy merupakan ikan yang damai dan jinak.

Platy Red Wagtail

Meskipun ikan platy memiliki masa hidup yang singkat, namun platy mudah beranak sehingga komunitas platy akan selalu ada dan bertambah banyak dengan perawatan yang baik. Untuk membudidayakan hanya perlu menyatukan indukan betina dan jantan dalam satu kolam dengan perbandingan 2 : 1.

Baca juga : Manfish, Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cukup Populer

Pastikan bahwa indukan betina berumur 3 bulan ke atas. Setelah dibuahi, ikan platy akan hamil selama 1,5 bulan. Sebelum mulai membudidayakan ikan hias platy, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah induk ikan dan dalam memilih indukan untuk dibudidaya tidak boleh asal asalan.

Platy Red Tuxedo

Karena kualitas indukan akan menentukan hasilnya nanti, apabila indukan kurang bagus maka akan menghasilkan bibit platy yang kurang bagus pula dan bahkan mengalami kecacatan. Untuk itu harus diketahui ikan hias platy yang bagus untuk dijadikan indukan.

Spesifikasinya, ikan tidak tampak loyo (agresif bergerak kesana kemari di dalam akuarium). Ikan platy yang akan dibudidaykan juga harus sehat dan tidak ada luka pada tubuh ikan, warna ikan tidak pucat, bagian tubuh lengkap (tidak cacat). Yang lebih penting ikan platy sudah cukup umur (setidaknya berusia 5 – 6 bulan).

Ikan platy merupakan ikan omnivora, artinya ikan platy bisa diberikan semua jenis makanan ikan. Di habitat aslinya, ikan platy biasanya memakan alga, krustasea, jentik nyamuk, serangga kecil, dan materi tumbuhan. Namun apabila memelihara ikan cantik yang satu ini di dalam sebuah akuarium, tentunya akan kesulitan jika memberikan makanan sesuai dengan habitatnya di alam liar.

Di akuarium, ikan platy bisa diberikan berbagai jenis makanan ikan, seperti pelet ikan, sayuran (bayam, timun, selada) yang dicincang hingga lembut. Juga bisa diberikan cacing darah beku, daphnia, jentik nyamuk, cacing tubilex, dan baby shrimp.

Platy Blue Coral Moon

Yang harus diingat, jangan terlalu diberi makanan hidup karena ikan ini bisa ketagihan dan jadi memilih-milih makanan yang diberikan. Variasikan makanannya dengan lebih sering memberi makan pelet dan berikan makanan hidup 2 kali seminggu.

Baca juga : Ikan Komet, Ikan Hias Unik dan Cantik Kerabat Dekat Ikan Koki

Yang tidak kalah penting adalah jangan berlebihan ketika memberikan pakan. Beri makanan secukupnya saja. Dan makanan harus langsung habis maksimal 5 menit setelah diberikan pakan (terutama pelet). Jika ada sisa makanan setelah 5 menit, segera bersihkan sisa-sisa pelet agar tidak mengotori akuarium. Beri makan 1 – 2 kali dalam sehari.

Platy Red Tail Green Leopard

Ikan platy pada awalnya ada dua spesies ikan platy yang paling umum dalam perdagangan hewan peliharaan adalah ikan platy selatan (Xiphophorus maculatus) dan ikan platy variabel (Xiphophorus variatus). Namun dalam perkembangannya mereka sudah banyak di kawin silang sehingga menghasilkan platy dengan beraneka ragam warna.

Diantaranya ada Platy Mickey Mouse, Platy Wagtail, Platy Tuxedo, Platy Coral, Platy Red, Platy Blue, Platy Panda, Platy Leopard, dan Platy Gold. Karena sifatnya yang mudah mengikuti lingkungan barunya jadi tidak akan mudah mati jika kamu ingin memeliharanya. Selain itu ikan ini bisa menjadi peluang usaha/bisnis ikan hias yang cukup menjanjikan dan harga pasaran ikan platy juga sangat bagus, serta permintaan pasar juga tak pernah surut. (Ramlee)


Sumber : remen.id

Platy, Ikan Hias Air Tawar Mungil yang Cantik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...