Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 07 Februari 2023

Kucing Anggora Salah Satu Ras Kucing Tertua dari Turki




Kucing merupakan satu di antara hewan piaraan yang populer di masyarakat. Memelihara hewan ini merupakan hal yang cukup mengasyikan karena memiliki sifat mudah bersahabat dengan manusia. Memelihara kucing di rumah tentunya menjadi hobi tersendiri bagi sejumlah orang. 

Selain mampu membuat suasana rumah menjadi lebih hidup, juga bisa membuat rumah lebih aman dan nyaman. Hewan lucu nan menggemaskan ini sudah umum dijadikan peliharaan di rumah. 

Sejak zaman kuno, kucing memang sudah menjadi binatang favorit karena sifatnya yang lucu dan mudah penasaran. Memang tidak bisa dipungkiri jika kucing dikagumi karena memiliki fisik anggun dan karakternya yang suka bermain.

Ada banyak ras kucing yang dijadikan hewan piaraan, seperti Persia, Anggora, British Shorthair, Scottish Fold, Munchkin, dan lainnya. Nama kucing anggora mungkin masuk dalam daftar teratas yang muncul, jika ditanya jenis kucing apa yang penampilannya indah dan elegan. 

Kucing anggora dan persia sama-sama kucing dari Turki, namun ada beda diantara keduanya

Tentunya hal ini sama sekali tidak salah, sebab anggora memang punya pesona yang memikat. Apalagi kepribadiannya yang aktif dan suka mencari perhatian pemiliknya. Hidup pun pastinya jadi lebih berwarna dengan anggora.

Kucing Anggora atau Turkish Angora berasal dari kota Ankara di Turki yang dulu disebut Angora. Ras kucing ini termasuk salah satu ras kucing yang tertua dan murni yang tidak dengan sengaja dibiakkan oleh manusia.

Baca juga : Kelomang, Kepiting yang Kerap Berganti Cangkang

Anggora Turki adalah salah satu ras kucing domestik alami tertua. Ras ini berasal dari Ankara, Turki. Kucing ini hanya bisa dikembang biakkan di Turki karena peraturan dari negara asalnya, di Indonesia sendiri kucing anggora ras asli hanya ada beberapa ekor saja. Secara sederhana, ras kucing ini juga dikenal sebagai anggora atau kucing ankara.

Dipercaya sebagai kucing peliharaan Nabi Muhammad, kucing anggora memang memiliki penampilan yang memukau dan cantik. Kucing anggora dikenal sebagai ras kucing yang memiliki bulu panjang dan halus, serta cara berjalan yang anggun seperti ballerina.

Kucing hasil perkawinan silang anggora dan persia

Kucing cantik ini senang bermain dengan tuannya dan menyukai anak-anak. Selain itu, kucing ini juga dapat berteman dengan hewan peliharaan lainnya di rumah. Kucing ini tidak suka ditinggal sendirian, level energinya cukup tinggi, dan dapat merusak benda-benda di rumah jika merasa bosan. 

Popularitas kucing anggora semakin mendunia karena sering dijadikan souvenir dan dibawa ke benua Eropa dan Amerika. Di tahun 1900an, kucing anggora juga mulai dikawinsilangkan dengan kucing Persia, ras kucing lain yang memiliki bulu-bulu yang panjang untuk menghasilkan kucing yang berbulu halus dan lembut.

Kucing hasil perkawinan kucing anggora dan kucing domestik

Hasil persilangan ini ikut populer selama beberapa puluh tahun kemudian, hingga semua kucing berbulu panjang sering disebut sebagai Anggora. Para pecinta kucing dan peternaknya mulai menyadari turunnya populasi ras murni kucing Anggora hingga hampir punah. 

Kesadaran itu membuat ras ini kemudian dilestarikan di penangkaran sehingga tetap terjaga spesiesnya, khususnya Anggora berwarna putih. Karena usaha melestarikannya begitu penuh perjuangan, tak heran kucing ini menjadi kucing kebanggaan Turki.

Baca juga : Jangkrik, Hewan Bersuara Nyaring di Malam Hari

Anggora sangat dikagumi karena bulunya yang panjang, halus, dan tampak berkilau saat bergerak. Dibalik bulunya yang mempesona, tubuhnya juga kokoh, panjang, dan berotot. Kakinya panjang, dengan kaki belakang lebih panjang dari kaki depan, dan cakarnya kecil, bulat dan mungil, seringkali dengan jambul bulu di antara jari-jari kakinya.

Tidak hanya itu, hal yang paling berkontribusi terhadap kecantikan kucing ini adalah kepalanya yang berbentuk lancip berukuran kecil hingga sedang. Telinganya besar berada di atas kepala dan berjumbai dengan bulu. Belum lagi mata besarnya berbentuk almond yang agak miring ke atas.

Kucing anggora mempunyai struktur wajah berbentuk segitiga

Warna matanya tidak kalah memikat, bisa berwarna biru, hijau, emas, kuning atau bahkan ganjil (satu mata biru dan satu mata hijau, hijau-emas atau kuning). Wajahnya terlihat seperti segitiga karena bagian atas yang lebih lebar dan semakin mengerucut ke dagu. Ada lekukan pada wajahnya karena hidungnya yang mancung. 

Corak matanya juga biasanya terlihat lebih tajam dan terlihat sangar. Telinganya juga terlihat lebih runcing dan terkadang ada bulu di bagian ujungnya. Warna mata anggora pada umumnya berwarna kuning, tapi ada juga yang memiliki warna mata unik. 

Baca juga : Menggiurkannya Potensi Hobi Memelihara Ayam Laga

Banyak terjadi pada anggora putih, bahwa warna mata biru seringkali dikaitkan dengan tuli yang dideritanya. Bahkan ada juga yang memiliki dua mata berlainan warna, satu biru dan satu lagi kuning yang dipicu oleh kelainan genetik.

Anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan lebih panjang. Anggora jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan betina. Namun yang paling terlihat jelas adalah ekornya. Selain panjang, ekornya dibalut bulu yang lebih tebal dan lebat daripada bagian tubuh anggora lainnya 

Kucing anggora mempunyai bentuk telinga tegak lancip

Hidung anggora berbentuk mancung seperti kucing lokal atau kucing kampung. Telinganya sedikit runcing atau memanjang dengan bulu-bulu di ujungnya. Anggora hanya memiliki lapisan bulu tunggal. Berbeda dengan kucing persia yang lapisan bulu bawahnya lebih tebal dan butuh banyak perawatan.

Di bagian wajah, bulu anggora tidak tebal ataupun panjang sehingga lebih cenderung sedikit lebih lebat daripada kucing lokal. Uniknya, selama cuaca dingin, bulunya akan tumbuh lebih panjang dan tebal terutama di bagian ekor dan surai di area dada.

Kucing anggora mempunyai ekor seperti musang

Beberapa warna yang dapat ditemui pada kucing ini antara lain coklat kemerahan, hijau, biru, atau heterochromatic (warna berbeda di mata kiri dan kanan) dengan kombinasi biru-merah atau biru-hijau. Berbicara tentang harga, sudah pasti kucing menawan ini tidaklah murah. Di Indonesia, ada beberapa jenis perkawinan silang dengan kucing Anggora yang membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

The Cat Fanciers’ Association (CFA) mulai mendaftar kucing anggora Turki putih pada tahun 1968 dan mengenali mereka dengan status championship pada tahun 1972. Kucing anggora berwarna (selain putih) baru diakui oleh CFA pada tahun 1978. 

Kucing anggora juga diakui oleh The International Cat Association dan registry kucing lainnya. Semua kucing anggora yang terdaftar di CFA harus memiliki darah langsung dari nenek moyangnya yang asal Turki. (Ramlee)


Sumber : remen.id Elegannya Kucing Anggora sang Harta Karun Bangsa Turki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...