Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Senin, 05 Februari 2024

Ke’Lesap Sandur Madura Bintang dan Janur Kuning Raih Poin Tertinggi Klasemen Akhir Liga Puter Jawa Timur 2023



Liga Puter Jawa Timur (LPJT) 2023, resmi dinyatakan berakhir. LPJT 2023 hanya sampai putaran ke-4 Piala Ketua Pengda Jawa Timur pada 29 Oktober 2023 lalu yang dilaksanakan di Gantangan Magda Jaya Kejamulya, Sambirejo Kec. Jiwan Kab. Madiun, dari lima putaran yang dijadwalkan.

“Awal rencana Liga Puter Jawa Timur 2023 akan kami gelar sebanyak 5 putaran,” jelas H. Harnadi, Ketua Bidang Lomba Pengda PPPPSI Jawa Timur. “Namun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, maka rencana tersebut tidak bisa kami realisasikan.”

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pengcab yang sudah berencana mengambil jatah liga, tidak bisa mewujudkan karena kondisi yang tidak memungkinkan. Sementara pengalihan tempat penyelenggaraan tidak bisa dilaksanakan sebab terbentur waktu.

Ke’Lesap pimpin klasemen kelas Utama


Seharusnya putaran Liga Puter Jawa Timur 2023 berakhir pada bulan November. Beberapa waktu sempat terjadi ketidakjelasan lanjutan dari Liga Puter Jawa Timur 2023. “Meski sudah dinyatakan berakhir untuk perebutan poin, namun demikian akan tetap ada penghargaan juara dari Pengda Jawa Timur,” ungkap Muhlis Hidayat, Sekretaris Daerah Pengda Jawa Timur.

Baca juga : Podium Pertama LPJT Putaran 4 Piala Ketua Pengda Jawa Timur Berhasil Jadi Milik Ke’Lesap Tali Jagat Bintang dan Janur Kuning

“Berkenaan dengan Liga Puter Jawa Timur 2023, yang hanya terlaksana 4 putaran, Kami Pengda Jawa Timur, tetap memberikan penghargaan kepada peserta Liga Puter Jawa Timur 2023, pada peraih 10 besar poin tertinggi,” tegas Muhlis. “Pengda Jawa Timur memberikan Piagam/Sertifikat pengharagaan.”

Sandur Madura teratas di kelas Madya
 

“Penghargaan akan diberikan kepada rangking 10 besar untuk semua kelas yang dilombakan. Yakni kelas Ring PPPPSI, kelas Utama, kelas Madya, dan kelas Pemula. Sesuai klasemen perolehan point sampai terakhir pelaksanaan Liga Puter Jawa Timur, putaran ke-4 di Madiun.”

Untuk lokasi dan kapan penyerahan sertifikat penghargaan tersebut, panitia liga memutuskan untuk memberikan pada saat gelaran event Delta Cup di Sidoarjo pada 14 Januari 2024. Daftar klasemen akhir sendiri juga telah disampaikan kepada para puter pelung mania.

“Untuk penyerahan piagam penghargaan tersebut akan kami laksanakan pada Minggu, 14 Januari 2024. Bertepatan dengan pelaksanaan event Delta Cup Sidoarjo di Gantangan New PPKL JC Jl. Raden Patah No. 48-50 Pucang Anom Sidoarjo,” tambah Muhlis.

Selama empat putaran, lokasi lomba berpindah dari daerah satu ke daerah yang lain. Sesuai dengan kesediaan Pengcab sebagai penyelenggara pada Rakerda Pengda Jawa Timur di Pasuruan. Dengan demikian para peserta diuji dengan kondisi tempat lomba yang berbeda-beda untuk bisa meraih hasil sesuai yang diinginkan.

Bintang terbaik di kelas Pemula
 

Hanya peserta yang memiliki kesiapan mental juara dan didukung performa burung yang bagus, bisa menyelesaikan setiap putaran liga dengan hasil paling tinggi dalam peraihan nilai. Situasi yang berbeda-beda yang harus dihadapi para penghobi menjadi semacam ujian yang harus dilewati untuk menjadi yang terbaik.

Baca juga : Event Delta Cup Sidoarjo Buka Tahun 2024, Dewa Dewi Doa Ibu dan Songgoriti Torehkan Rebut Podium Juara

Selain itu, faktor keberuntungan terkadang juga menjadi penentu keberhasilan dalam meraih hasil terbaik. Semua itu seakan menjadi sebuah tantangan bagi peserta untuk bisa mengatasi segala kendala dan keterbatasan yang ada.

Janur Kunig di posisi teratas kelas Ring PPPPSI


Semakin bagus performa yang selalu ditunjukkan oleh sang orbitan, maka akan menentukan kemenangan yang bakal diraih. Faktor yang tidak kalah penting adalah kehadiran. Semakin rutin hadir ke lapangan, maka peluang untuk mendapatkan tambahan poin, semakin besar.

Pemberian poin LPJT 2023 sedikit berbeda dibandingkan dengan gelaran LPJT tahun-tahun sebelumnya. Kehadiran peserta peraih poin di lanjutan putaran LPJT 2023 diharuskan, jika tidak akan dikenakan pemotongan sebesar 5 poin. Hal ini juga sesuai dengan kesepakatan pada Rakerda Pengda Jatim di Pasuruan.

“Kesepakatan soal keharusan buat peraih poin di LPJT 2023 sudah disetujui semua peserta dan Pengcab yang hadir di Rakerda Pengda Jawa Timur tahun 2023,” kata Muhlis. “Agar perjalanan Liga Puter Jawa Timur 2023, bisa terus ramai dan semarak di setiap putarannya.”

Dari data yang sudah didapat selama ini, Klasemen Akhir Liga Puter Jawa Timur 2023 sudah terekap. Pihak panitia liga dalam hal ini Ketua Bidang Lomba Pengda Jawa Timur melalui Sekretaris Daerah telah membagikan klasemen akhir liga.

 

Untuk kelas Utama, posisi satu dua dihuni gaco-gaco milik Trisna Wijaya dari Jakarta. Podium teratas ada Ke’Lesap ring AG 300 dengan 75 poin. Dewa Dewi ring AG 333 ada di tempat kedua dengan 63 poin. Melengkapi tiga besar ada Ranggawuni ring MJ 599 milik H. Harnadi Sidoarjo dengan 49 poin.

Di kelas Madya, Sandur Madura ring AG 700 andalan Trisna Wijaya Jakarta di posisi teratas dengan 64 poin. Posisi kedua direbut Takbir ring Barata 505 milik Esto Grup Sumenep. Menutup tiga besar ada Gaspol ring CPM 201 milik H. Aris dari Sidoarjo dengan torehan 43 poin.

 

Di daftar klasemen akhir sebenarnya Takbir juga memiliki poin sama dengan Sandur Madura yakni 64. Namun Takbir diketahui tidak hadir pada LPJT putaran ke-4 di Madiun, sehingga harus mendapatkan pemotongan 5 poin, sehingga total poinnya 59.

Sedang di kelas Pemula, Bintang ring AG 777 besutan AG BF Bangkalan memuncaki tangga juara dengan 67 poin. Simental ring KSB 444 debutan KSB BF Kesamben Blitar dengan 52 poin ada di tempat kedua. Kemudian Petir ring M2NK 05 amunisi Mamang Sumenep berada di posisi ketiga dengan 32 poin.

 

Pada kelas khusus Ring PPPPSI, Janur Kuning ring AG 66 milik AG BF Bangkalan memimpin daftar klasemen dengan 75 poin. Berikutnya ada Sekar Kemuning ring PKJ 631 milik H. Harnadi Sidoarjo di posisi keduadengan 64 poin. Dan tempat ketiga jadi milik Wiro Sableng ring MBS BF 212 andalan Mas Badrus dari Lumajang poin 63.

Partisipasi peserta penghobi puter pelung selama gelaran liga berlangsung, begitu berarti untuk menjadikan Liga Puter Jawa Timur 2023 ini benar-benar sesuai dengan harapan. Semua berharap Liga Puter Jawa Timur terus berlanjut di tahun 2024, semoga. (Ramlee)

 


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...