Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Kamis, 02 Mei 2024

Komunitas Sanseveiria Sidoarjo Gelar Kontes Nasional Sansevieria 2024, Panitia Adakan Rapat Persiapan



Komunitas Sanseveiria Sidoarjo menggelar rapat persiapan teknis menjelang pelaksanaan event Kontes Nasional Sansevieria 2024, dengan tajuk Tumbuh, Melangkah, dan Jaya Bersama. Hadir para pengurus Komunitas Sansevieria Sidoarjo yang dilaksanakan di kediaman Sa’fi Prasetya Tanggulangin, Sidoarjo, pada Minggu 28 April 2024 kemarin.

Kontes Nasional Sansevieria 2024 merupakan kegiatan kompetisi yang menampilkan corak dan warna baru tanaman hias sansevieria atau yang biasa dijuluki dengan “lidah mertua” tersebut. Event Kontes Nasional Sansevieria 2024 adalah gelaran kesekian kalinya yang dihadirkan oleh Komunitas Sansevieria Sidoarjo.

 

Gelaran ini sekaligus menandai kian eksisnya Komunitas Sansevieria Sidoarjo setelah beberapa tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Selain itu kian maraknya kontes-kontes sansevieria yang dihelat di beberapa daerah membuat Komunitas Sansevieria Sidoarjo kesulitan menentukan waktu.

“Kita sebelumnya sudah rutin mengadakan kontes sanseveiria, namun memang sempat vakum sejenak karena adanya Covid-19,” jelas Safi’i Prasetya, Ketua Panitia Kontes Nasional Sansevieria 2024. Selain itu untuk mengadakan event besar seperti yang akan berlangsung pada akhir pekan depan ini harus menentukan jadwal jauh-jauh hari sebelumnya.

Ini dimaksudkan agar tidak berbenturan dengan kontes serupa di kota lain. Apalagi sekelas kontes nasional. Kontes ini tentunya tidak hanya diikuti peserta dari sekitaran Sidoarjo saja, namun berbagai komunitas dan pencinta sansevieria dari berbagai daerah di tanah air tentunya.

Ajang seperti Kontes Nasional Sansevieria 2024 di akhir pekan ini (5 Mei 2024) tidak hanya sekedar kompetisi semata, karena sekaligus menjadi ajang temu kangen, diskusi, berbagi pengalaman, dan ilmu baru terkait tanaman sansevieria. Juga memberikan kesempatan kepada para pecinta tanaman ini untuk memburu sansevieria-sansevieria berkualitas.

Gelaran Kontes Nasional Sansevieria 2024 di Sidoarjo
 

“Kita siapkan tempat untuk 250 tanaman,” ungkap Safi’i. Ada tiga kelas yang dilombakan yaitu Hybrid dan Variegata. Mulai dari small A, Small B, Prospek, Madya dan Utama. Serta kelas Non Variegata/Species. Dengan merebutkan total hadiah jutaan rupiah.

Selain itu panitia juga mendatangkan juri-juri dari berbagai daerah. Ini sebagai bentuk keseriusan panitia dalam mengemas acara Kontes Nasional Sansevieria 2024 nantinya. “Kita datangkan juri-juri dari Tangerang, Solo, Semarang, dan Sidoarjo sendiri,” jelas Safi’i.

Suasana rapat persiapan gelaran Kontes Nasional Sansevieria 2024
 

Selain itu agar netralitas penilaian tanaman-tanaman yang berkompetisi tetap terjamin. Para peserta kontes, mulai dari pedagang, kolektor, hingga petani tanaman sansevieria diharapkan akan puas dengan sajian dari panitia ini.

“Ini merupakan ajang yang sangat bergengsi,” ujar Safi’i. “Akan hadir hybrid-hybrid baru dan keren-keren hasil olah cipta tangan-tangan anak negeri. Semua tentunya diharapkan akan turun gunung di Sidoarjo. Yuk datang dan ramaikan para sansevieria lovers,” ajak Safi’i bersemangat.

Pada kelas hybrid di berbagai ajang kontes sanseiria, jumlah peserta semakin banyak. Di kelas ini seringkali menampilkan jenis-jenis Hybrid yang baru, corak dan warna yang bagus sehingga membuat persaingan untuk menjadi yang terbaik sangat ketat.

Dengan semakin banyaknya jenis sansevieria yang baru menunjukkan semakin banyak breader atau penyilang di Indonesia yang tidak kalah dari negara-negara lain. Jenis-jenis tanaman Sansevieria Hybrid baru ini tidak hanya diterima dengan positif bahkan ditunggu oleh para pencinta tanaman Sansevieria lokal dan Internasional.

Para anggota panitia berbagi tugas


Untuk memastikan gelaran Kontes Nasional Sansevieria 2024 berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Panitia pun menyelenggarakan Rapat Persiapan yang secara khusus membicarakan kesiapan dan membagi tugas untuk semua anggota panitia. Semua aspek dibicarakan secara serius. Patut ditunggu gelaran Kontes Nasional Sansevieria 2024. (Ramlee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...