Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Jumat, 31 Mei 2024

Pengcab Blitar, Ajak Para Mania Kembali ke Gantangan Lewat Ngopi dan Gantang Bersama



Bertempat di Gantangan Pasar Dimoro Kota Blitar, Pengcab PPPPSI Blitar pada Sabtu malam 25 Mei 2024, mengajak para penghobi dan pelestari burung puter pelung untuk menikmati anggung indah burung puter pelung. Sembari menikmati hidangan kopi hitam.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai sarana untuk saling tukar pengetahuan seputar puter pelung. Juga untuk membahas perkembangan dunia puter pelung guna kemajuan hobi puter pelung itu sendiri, utamanya di Blitar Raya,” jelas Dhimas Nugroho, Sekretaris Pengcab Blitar.

Pemilihan lokasi untuk tempat berkumpul para mania ini sangat tepat. Selain lokasinya yang berada di pusat kota Blitar, juga mudah dijangkau. Gantangan Pasar Dimoro Kota Blitar memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan para mania.

Dhimas Gada BF
 

“Tempat ini memang sengaja kita pilih buat berkumpul. Sekedar mengisi waktu luang di akhir pekan,” ujar Dhimas. “Gantangan ini enak banget buat berkumpul dan sangat layak untuk sekalian menarik perhatian orang-orang yang lewat buat sekedar melihat dan mampir.”

Sudah dua kali Pengcab Blitar mengajak para penghobi puter pelung berkumpul di Gantangan Pasar Dimoro Kota Blitar. Memang belum ada agenda lomba yang biasanya secara rutin diadakan oleh Pengcab Blitar.

Pengcab Blitar ajak para mania puter pelung Blitar kembali ke gantangan
 

Menurut Dhimas pemilik Gada BF, ajang Ngopi dan Gantang Bersama ini bukan saja sebagai sarana bagi mania untuk saling bersilaturrahmi, mengenalkan diri, dan memperetat tali persaudaraan. Namun lebih kepada tujuan untuk mengangkat kembali puter pelung sebagai burung yang bisa menggerakkan hati untuk mengenal, memiliki, dan akhirnya menekuninya.


Dhimas bersama pengurus Blitar yang lain berkeinginan kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Sabtu malam (diluar jadwal lomba). Dan berharap mampu membangkitkan semangat mania untuk lebih serius dan fokus mengangkat kembali keberadaan puter pelung.


 



Yang hadir membawa serta burung gacoannya untuk di gantang


“Tujuan saya sebenarnya sangat sederhana yakni mengajak para penghobi puter pelung terutama yang ada di sekitaran Blitar ini tetap semangat menekuni hobinya. Meskipun kondisinya sudah tidak seperti beberapa tahun lalu,” ungkap Dhimas.

“Dan tentunya ini merupakan langkah awal untuk kembali mengangkat puter pelung sebagai sarana hobi yang lebih berkualitas lagi,” jelas Dhimas. Sebagai salah satu burung yang termasuk dalam jenis burung klangenan atau kesukaan, kian hari penggemar burung puter pelung ini dirasa semakin berkurang.

Anggung puter pelung terdengar jauh lebih syahdu di malam hari
 

Lewat tangan dingin Dhimas bersama Pengcab Blitar lainnya ini, diharapkan hobi puter pelung bisa lebih terangkat dan ramai lagi. Karena yang pasti selama ini puter pelung dikenal sebagai burung kandang dan hanya dijadikan babuan. Lewat ajang kompetisi nantinya puter pelung bisa beralih profesi sebagai bintang lapangan.

Kegiatan yang diprakarsai Pengcab Blitar bertajuk Ngopi dan Gantang Bersama, tidak di pungut biaya alias gratis. Bahkan yang hadir di lokasi juga disediakan kopi hitam panas nan nikmat. “Kedepan ada rencana untuk bisa ditingkatkan menjadi Latihan Bersama Dinilai (Latbernil),” tutur Eko Soeparjono, Ketua Pengcab Blitar.

Eko Soeparjono, Ketua Pengcab Blitar (kiri)
 

“Semoga puter pelung dapat lestari,” harap Dhimas. Meskipun burung puter pelung bukan burung asli indonesia, tetapi keunikan dan keindahannya membuatnya menjadi burung yang diminati oleh banyak orang. “Megingat puter pelung hanya ada di Indonesia, jadi mari kita lestarikan bersama-sama anggungan warisan leluhur nusantara ini, supaya anak cucu masih bisa menikmati lantunan suaran indahnya,” ajak Dhimas.

Malam itu suasana gayeng sangat terasa. Apalagi anggung burung puter pelung yang ada di gantangan terdengar silih berganti, begitu syahdu. Burung puter adalah jenis burung yang beraktivitas pada malam hari, oleh karena itu tidak mengherankan jika burung ini aktif manggung saat malam hari.

 

Bagi beberapa puter pelung, kesempatan itu dimanfaatkan betul untuk kembali menggugah kembali rasa melombakan burung gacoannya. Informasi dari Pengcab Blitar, pada 9 Juni 2024 nanti akan ada gelaran Latpres Blitar Keren #1 yang dimulai jam 08.00 WIB sampai selesai, di Gantangan Ki Ageng Tlumpu Jl. Cemara 313 Kota Blitar.

Melalui media sosial, baik itu WhatsApp maupun Face Book, panitia mengundang semua puter pelung mania untuk datang ikut meramaikan gelaran Pengcab Blitar tersebut. Kegiatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bung karno, sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. (Ramlee/GD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...