Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 28 Maret 2023

Blewah, Buah Populer Saat Ramadhan yang Menyegarkan dan Kaya Betakaroten



Komoditas pangan yang banyak diburu saat puasa di bulan Ramadhan salah satunya adalah buah-buahan. Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim membuat jumlah permintaan komoditas ini meningkat di bulan puasa. Dan blewah selalu hadir di bulan penuh berkah ini.

Blewah (Cucumis melo var. cantalupensis) merupakan tanaman satu keluarga dengan melon, labu, dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Dibalik kulit buah yang tipis , terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur serta bagian dalamnya terdapat rongga berisi biji dan serat.

Jelang bulan Ramadhan petani, menanam blewah

Blewah mengandung kadar air lebih dari 90%, serat, vitamin C, kalium dan provitamin A. Blewah mengandung betakaroten 2,029 mg/100 g, kalium 267 mg/100 g dan vitamin C 36,7 mg/100 g, serat 0,9 g/100g. Betakaroten yang terkandung dalam buah blewah akan dirubah menjadi provitamin A. Kandungan provitamin A blewah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan fungsi ginjal dan limfa, juga menurunkan tekanan darah.

Betakaroten berperan dalam fungsi faal tubuh seperti penglihatan, deferensiasi sel, kekebalan, pertumbuhan, dan perkembangan, reproduksi serta pencegahan kanker dan penyakit jantung ( Sunarjono dan Ramayulis, 2012).

Hasil panenan buah blewah

Selain itu blewah juga mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid, polifenol, asam malonat dan saponin. Buah blewah juga mengandung antioksidan lain, seperti lutein, zea-xantin, dan cryptoxanthin. Kelompok karotenoid lain yaitu likopen banyak dijumpai pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah seperti pada wortel, papaya, tomat, dan semangka.

Kandungan gizi per 100 gram antara lain 34 kkal energi; 0,84 g protein; 0,19 g lemak; 8,16 g karbohidrat; 0,9 g serat; 7,86 g gula; 9 mg kalsium; 0,21 mg besi; 12 mg magnesium; 15 mg fosfor; 267 mg kalium; 16 mg natrium; 0,18 mg seng; 0,04 mg tembaga; 0,04 mg mangan; 0,4 mg selenium; 36,7 mg vitamin C; 0,04 mg tiamin; 0,02 mg riboflavin, 0,73 mg niasin; 0,07 mg vitamin B6; 21 μg folat; 2.029 mg beta karoten; 0,05 mg vitamin E; dan 2,5 mg vitamin K.

Buah blewah banyak dicari di bulan Ramadhan

Kandungan vitamin C relatif stabil karena blewah dikonsumsi dalam keadaan segar. Vitamin C berkaitan dengan pembentukan kolagen, yaitu senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat. Vitamin C membantu penyembuhan luka, perdarahan di bawah kulit, dan perdarahan gusi.

Vitamin C bersama dengan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kadar glutation antioksidan alamiah dalam tubuh yang akan memerangi radikal bebas. Dengan demikian, seseorang yang mengonsumsi blewah fungsi kekebalan tubuhnya meningkat. Anak-anak, remaja, dan orang tua yang membutuhkan sistem imun yang baik sangat dianjurkan untuk memakan buah ini.

Es blewah

Kandungan polifenol dalam blewah terdiri atas flavonoid dan isoflavon. Kandungan polifenol berhubungan positif dengan aktivitas antioksidan. Umumnya senyawa fitokimia mempunyai aktivitas antioksidan termasuk saponin, asam malonat, dan lutein.

Selain memiliki aktivitas antioksidan, polifenol berperan sebagai antivirus dan antimikroba serta membantu menormalkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Secara alami, tubuh menghasilkan antioksidan. Tetapi, jika zat-zat radikal bebas terlalu tinggi, dibutuhkan antioksidan dari luar berupa vitamin A, E, C; mineral selenium dan zink; serta senyawa fitokimia.

Zat fitokimia pada blewah inilah yang meningkatkan perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit ganas serta dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit kardiovaskuler, misalnya atherosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Selain itu, juga dapat memberi perlindungan terhadap penglihatan dengan mencegah terjadinya katarak, dan menghambat penuaan dini. (Ramlee)



Sumber : remen.id

Buah Blewah yang Laris di Bulan Ramadhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...