Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 11 Maret 2023

Pertandingan Seni Suara Merbok Bong Kulai Johor Malaysia Dimenangkan Singapore Milik En Edy dari Klang Selangor


Pertandingan Seni Suara Merbuk di Taman Puteri Kulai Johor pada Minggu, 26 Februari 2023 berlangsung lancar dan meriah. Acara ini mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari peminat burung derkuku di seluruh negeri Malaysia.

Ratusan burung bertanding menjadi yang terbaik. Karena ini adalah pertandingan besar burung derkuku, sehingga semua peminat tidak menyia-nyiakan kesempatan. Bahkan yang jauh sekalipun datang ke Johor yang sudah tinggal sepelemparan batu ke Singapore.

Proses pendaftaran peserta Lomba seawal jam 7.00 pagi

“Semua peminat derkuku dari serata negeri datang ke Kulai untuk ikut lomba,” jelas Azrin Yen yang hadir setelah menempuh jarak lebih dari 600 km. Hampir seluruh negeri di Malaysia dilewati untuk hadir ke Kulai – Johor.

Dr Lee dari Johor

“Kalau kita dari Kelantan datang ke Kulai - Johor ambil masa 10 jam atau sekitar 646 Km jauhnya,” ucap Azrin. Karena jauhnya jarak yang harus ditempuh, peserta terbiasa datang sehari sebelumnya. “Biasa satu hari sebelum lomba, peserta sudah pergi ke Kulai.”

En Fahmi dari Bachok Kelantan

Banyaknya peserta yang hadir di padang lomba terkukor ini menjadi sinyal kuat bahwa peminat burung ini sangat menikmati event lomba setelah lama sempat kosong karena tidak boleh ada kegiatan. Ini bukti bahwa sampai saat ini derkuku masih memiliki penghobi yang belum hilang.

En Shamsir dari Johor

Dalam pertandingan ini, ada enam kategori yang dipertandingkan yaitu kategori A, B, C, Remaja, Tekukur, dan Baby. Lomba dijalankan selama 4 babak. Burung-burung yang bertanding haruslah aktif berbunyi agar dapat dinilai oleh para pengadil.

Pemilik Boeing & Singapore En Edy dari Klang Selangor

Untuk lomba kali ini masa satu babak dijalankan selama 1 jam. Pengadil yang dipimpin langsung oleh Mr Jery dari Singapore. Seorang pengadil berpengalaman mengadili berbagai lomba terkukur (derkuku) di mana-mana. 

Trophy untuk semua kategori lomba

“Mr Jery antara Ketua Panitia yang berpengalaman luas dalam Seni Suara Burung Terkukor di Malaysia,” kata Azrin Yen. “Beliau merupakan Top 1 pengadil yang paling diminati oleh semua peminat derkuku.”

Para pengadil, Mr Jery (kedua dari kanan)

Cuaca cerah di lokasi lomba semakin menambah semarak gelaran yang diikuti oleh para peternak dan pelomba. Jalannya lomba sendiri berlangsung cukup seru dan menegangkan. Pengadil berkeliling lapangan untuk mencari burung yang dinilai bagus.

Wakil dari Johor, Melaka, dan Kelantan

Selama acara berlangsung, cuaca sangat mendukung sehingga pertandingan berlangsung tanpa masalah. Selama empat babak burung harus benar-benar gacor (sering berbunyi), dan tetap harus memiliki suara yang indah.

Johan Derkuku En Edy dari Klang Selangor, pemilik burung Singapore

Pengadil akan memilih burung yang terbaik dalam setiap babak untuk dicalonkan juara. “Angin yang kuat memberi cabaran kepada peserta untuk memastikan burung derkuku mendapat markah (nilai) pada setiap babak,” jelas Azrin Yen.

En Mazlan Zakaria dari Kelantan, pemilik burung Kuda Laut

“Purata markah untuk 3 babak akan dikira bagi memastikan pemenang. Markah tertinggi setiap babak adalah 85%. Hanya seekor sahaja yang layak mendapat markah 85% untuk setiap babak,” tambah owner Bukit Marak Bird Farm tersebut.

Tempat Ketiga Mr Ah Seng dari Johor

Dari empat yang dilakukan, akhirnya diketahui siapa pemenang dari pertandingan kali ini. Johan Jebat Derhaka/Singapore Eddie Arowana. Juara kedua ada Kuda Laut Mazlan Zakaria. ke-3 Ah Seng Batu Pahat, ke-4 Tiger Mazlan Zakaria, dan ke-5 Fahmi Bachok.

Antara pemenang Lomba Kulai Johor

Raut gembira terpancar dari wajah Mazlan Zakaria seusai dua ekor burungnya berprestasi dan memberinya trophy juara. “Terima kasih kepada semua rakan-rakan yang senantiasa bersama dalam susah dan senang.”

 Bang Azrin Yen Wakil TGR Kelantan

Anak Perak dan Laksamana wakil TGR Kelantan

“Alhamdulillah Kuda Laut mendapat naib johan dan Tiger walaupun tak sihat masih berjaya meraih tempat ke-4 di Pertandingan Terkukur Terbuka Malaysia yang berlangsung di Taman Putri Kulai Johor,” ucap Mazlan Zakaria. Tahniah kepada semua pemenang dan peserta Top 5 Bong Kulai – Johor. Anda semua terbaik. (Ramlee/Bkt)


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...