Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 05 Agustus 2023

Kemiri, Penyedap Rasa Alami yang Punya Banyak Manfaat Lainnya



Kemiri (Aleurites moluccana L.) adalah salah satu tanaman dari Asia Tenggara yang memiliki banyak manfaat. Kemiri merupakan salah satu pohon serbaguna yang sudah dibudidayakan secara luas di dunia. Kemiri, biasa dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu dapur.

Selain sebagai rempah atau bumbu dapur, berbagai bagian dari pohon ini juga memiliki manfaat. Pemanfaatan yang cukup sering dilakukan yaitu mengolahnya sebagai obat herbal yang didapatkan dari kulit, daun, dan biji kemiri. Tidak seperti pohon lainnya yang memiliki kayu keras, kayu pohon kemiri cukup rapuh sehingga kurang cocok dijadikan bahan dasar furniture.

Tidak ada sumber pasti yang menyebutkan wilayah asal dari pohon kemiri. Di Indonesia, beberapa penelusuran menyatakan bahwa kemiri sebenarnya berasal dari Pulau Maluku, akan tetapi saat ini pertumbuhannya telah menyebar ke seluruh wilayah nusantara dan dijadikan rempah-rempah sebagai manfaat utamanya.

Pohon kemiri timbuh tinggi menjulang 


Pohon kemiri tumbuh subur di kawasan dengan iklim tropis, termasuk di Indonesia. Beragam jenis kemiri yang tumbuh di setiap negara memiliki beberapa perbedaan mendasar yang membuatnya memiliki keunikan dibanding di negara lainnya. Bahkan, Hawaii menjadikan pohon kemiri sebagai tumbuhan resmi.

Baca juga : Ketumbar Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Persebaran pohon kemiri di mulai dari wilayah India dan China, kemudian menyebar ke berbagai kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, lalu bergerak menuju Selandia Baru dan Polinesia. Jenis spesies tanaman kemiri yang tumbuh di negara-negara tersebut juga mempunyai nama yang berbeda-beda.

Pembibitan kemiri
 

Misalnya di Indonesia disebut sebagai Aleurites moluccana, kemudian di Filipina dikenal dengan sebutan Aleurites trisperma, di China ada dua nama spesies pohon kemiri yaitu Aleurites fordii di China tengah dan Aleurites montana di China selatan, dan di Jepang mempunyai nama latin Aleurites cordata.

Sebaran kemiri di Indonesia meliputi daerah seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Lampung. Juga menyebar ke Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Bali, Lombok, Sulawesi, Timor, Bau-Bau, dan sebagainya.

Pohon kemiri tengah berbunga
 

Secara umum tumbuhan kemiri dapat tumbuh di wilayah yang cukup kering di kawasan Asia Tenggara. Artinya, pohon kemiri adalah jenis tanaman yang dapat hidup meskipun tidak banyak memperoleh pasokan air hujan. Justru jika lingkungannya kering, maka pohon ini dapat tumbuh lebih baik dibanding pada wilayah dengan curah hujan tinggi.

Meskipun begitu pohon kemiri juga mampu tumbuh pada lingkungan yang lembab dengan beberapa kriteria tertentu. Misalnya kondisi tanah harus berpasir dengan sistem drainase seperti di dekat pantai dan pada tanah yang berkapur, serta di kawasan hutan jati atau hutan campuran yang berada pada ketinggian 1200 meter.

Pohon kemiri merupakan pohon besar yang ketinggiannya berada pada kisaran 25 sampai 40 meter dengan diameter mencapai 90 cm hingga 1,5 meter. Batangnya tebal dengan kulit berwarna abu-abu dan kecokelatan. Terdapat tekstur halus dengan garis-garis vertikal pada kulit batang.

Percabangan tanaman kemiri tumbuh secara abstrak atau tidak teratur dan membentang lebar. Hanya saja pada lahan sempit percabangan pohon kemiri tidak terlalu banyak, sehingga pertumbuhannya fokus keatas. Pohon ini mempunyai tunas yang tertutup oleh bulu-bulu halus dari batang pohon.

Buah kemiri yang masih muda
 

Daun kemiri mudah untuk di identifikasi dengan melihat ukuran dan bentuknya. Panjang daun kurang lebih 30 cm dan mempunyai 3 sampai 7 lekukan pada setiap daun. Sistem daunnya adalah tunggal dan tumbuh saling menyilang dengan gelombang di pinggir daun. Warnanya putih dan berubah menjadi hijau ketika kemiri telah tua.

Baca juga : Pohon Salam, Daunnya untuk Pengharum Masakan yang Punya Segudang Manfaat

Bunga pohon kemiri merupakan golongan monoceious, yaitu bunga jantan dan bunga betina tumbuh di pohon yang sama. Sistem pertumbuhan bunganya yaitu bunga jantan tumbuh di bagian ujung dengan ukuran lebih kecil, lalu di kelilingi oleh bunga betina. Biasanya bunga jantan tumbuh dalam jumlah banyak dan lebih cepat mekar.

Buah kemiri yang telah masak
 

Ukuran bunga jantan antara 6 sampai 7 mm, sedangkan bunga betina ukurannya 9 sampai 10 mm. Warna bunga cukup bervariasi mulai dari putih kehijauan sampai dengan krem. Bunga kemiri membentuk gugusan dan mempunyai bau yang khas serta umumnya tumbuh lebih dari sekali dalam satu tahun.

Bentuk buah kemiri seperti bulat terlur agak kepeng dengan ukuran 5-6 cm x 5,7 cm, berwarna hijau zaitun dan tertutupi rambut beledu. Dagung buah berwarna keputihan, tidak memecah dan berisi 1 atau 2 biji. Biji kemiri bertempurung tebal dan keras, berukuran 3 cm x 3 cm agak gepeng dengan warna biji keputihan dan mengandung minyak. Pohon kemiri mencapai masa panen ketika berumur 6 sampai 7 tahun setelah penanaman.

Daging kemiri berada di dalam biji kemiri yang mempunyai cangkang yang keras
 

Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil dari pohon kemiri. Manfaat tersebut mencakup seluruh bagian pohon mulai dari batang, daun, dan bijinya. Manfaat paling utama dari kemiri adalah sebagai bahan rempah-rempah untuk bumbu masakan.

Negara yang memanfaatkan kemiri sebagai rempah adalah Indonesia dan Malaysia. Bagian yang dijadikan rempah adalah biji kemiri dengan terlebih dahulu mengeluarkannya dari cangkang. Biji kemiri berwarna putih yang mengeluarkan aroma sedap ketika di masak.

Selain sebagai rempah, pohon kemiri juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Bagian yang digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit adalah kulit, daun, dan biji tanaman kemiri.

Kulit batang kemiri biasa dimanfaatkan untuk mengobati diare, sakit kepala, asma, tumor, dan berbagai jenis penyakit kulit. Salah satu negara maju yang memanfaatkan kulit pohon kemiri sebagai obat kanker dan tumor adalah Jepang.

Proses membuka kulit biji kemiri
 

Daun kemiri juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Sehingga dapat digunakan untuk mengobati demam, mengatasi kencing nanah, serta peradangan maupun pembengkakan pada area persendian.

Baca juga : Cabai Rawit, Komoditas Pangan Berharga Mahal juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Sedangkan biji kemiri sering digunakan untuk mengobati sembelit. Caranya cukup mudah, biji kemiri ditumbuk terlebih dahulu, kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Selanjutnya, minyak yang keluar dari kemiri dapat dioleskan ke bagian perut.

Minyak kemiri banyak sekali kegunaannya
 

Minyak kemiri bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan, kekuatan dan keindahan rambut. Sementara itu, di Papua Nugini biji kemiri dijadikan sebagai obat kontrasepsi untuk pria dan infertilitas untuk para wanita.

Kandungan asam olestearat dalam minyak kemiri bermanfaat untuk mengawetkan kayu. Minyak kemiri dapat digunakan sebagai pernasi atau cat, pelapis kertas agar anti air, bahan sabun, campuran isolasi, dan pengganti karet.

Pohon kemiri banyak ditanam oleh masyarakat di lahan persawahan, ladang atau perkebunan dengan tujuan untuk menghalangi angin yang dapat merusak tanaman. Kadang juga dijadikan pembatas, pengisi lahan kosong, dan stabilisator tanah. Lain halnya di wilayah perkotaan, pohon ini berfungsi sebagai tumbuhan peneduh dengan daun yang tumbuh rimbun dan lebar. (Ramlee)




Sumber : remen.id


Kemiri, Tanaman Rempah yang Memiliki Beragam Kegunaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...