Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 08 Agustus 2023

Binahong, Tanaman Ajaib untuk Kesehatan dan Kecantikan




Binahong (Anredera cordifol) adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan China. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal dengan nama dheng san chi. Sementara penyebutan binahong secara internasional ialah heartleaf madeiravine.

Binahong sering dijadikan tanaman pergola yang menghiasi sebuah gapura atau sengaja dibiarkan tumbuh melingkar dan menjalar di atas sebuah jalanan taman. Tanaman obat ini kerap ditemui di dataran tinggi hingga dataran rendah.

Ada dua jenis tanaman binahong yang umumnya dikenal masyarakat, yaitu binahong hijau dan binahong merah. Perbedaan binahong hijau dan merah terletak pada warna batang dan serat tulangnya. Sedangkan khasiatnya sama.

Binahong merah

Selain dijadikan hiasan, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari stroke, typhus, diabetes, sariawan, dan lain sebagainya. Bagian dari binahong yang paling sering digunakan dan berkhasiat untuk pengobatan adalah daun, batang, akar, dan bunga yang menempel pada ketiak daun.

Baca juga : Mahkota Dewa, Buah Simalakama yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Binahong memiliki daun tunggal dengan tangkai yang tergolong pendek atau subssile. Bentuk tulang daunnya menyirip dan letaknya tersusun berselang-seling. Daun tanaman ini layaknya jantung atau cordata dengan warna hijau muda berukuran sekitar 5-10 cm dan lebar 3-7 cm.

Binahong hijau

Setiap helai daunnya tipis dan lemas, pangkalnya berbelah. Sedangkan pada bagian ujung daunnya meruncing. Tepian daun binahong cukup rata, meski ada juga yang bergelombang dengan permukaan halus dan licin.

Batang dan daun yang biasanya terdapat di dalam tanah disebut dengan rhizome. Nah, tanaman binahong ini adalah salah salah satu jenis tanaman dengan rhizome yang tumbuh mendatar dan bercabang-cabang.

Bunga binahong

Biasanya, tunas binahong tumbuh dari ujung rhizoma. Meski demikian, rhizome bukanlah akar, tetapi bagian dari batang yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan alat untuk berkembang biak. Akar binahong berjenis akar tunggang berbentuk rimpang dengan tekstur lunak berwarna cokelat tua.

Baca juga : Kelor si Tanaman Superfood dengan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Secara umum, rhizoma memiliki ruas atau buku-buku yang berdaun. Namun, daun tersebut bisa juga berubah menjadi semacam sisik. Di samping itu juga, rhizoma pada binahong memiliki kuncup yang diketahui tumbuhnya tidak mengarah ke pusat bumi ataupun air. Kuncup ini justru tumbuh ke atas, menyembul dari permukaan tanah.

Buah binahong

Binahong mempunyai bunga majemuk berbentuk tandan ataupun malai yang cukup panjang. Bunga yang muncul di ketiak daun ini bertangkai panjang dengan mahkota berwarna putih ataupun krem. Mahkota bunga binahong terdiri dari lima helai yang tidak saling melekat. Sementara panjang mahkotanya sendiri berkisar antara 0,5-1 cm dengan aroma yang sangat wangi.

Sebagai salah satu tanaman obat, binahong memiliki banyak kandungan nutrisi. Binahong mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, diataranya protein, betakaroten, asam organik, asam aldonat, glucan C, D Galaktosa, L arabinosa mucopolysaccharide, fenol, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Air rebusan daun binahong, bisa obati asam urat, kolesterol, hingga maag

Selain itu, tanaman binahong mengandung senyawa flavonoid, steroid, alkaloid, triterpenoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri. Sebagai obat herbal alternatif, tanaman binahong bersifat antioksidan, antinyeri, dan antiinflamasi.

Baca juga : Senggani, Gulma dengan Segudang Manfaat

Binahong memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, seperti mengobati stroke, typhus, diabetes, dan sariawan. Selain itu dapat meredakan batuk, mengatasi maag, mengurangi kadar kolesterol, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi.

Tumis daun binahong

Diabetes adalah salah satu penyakit yang membahayakan penderita, terlebih jika terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes secara total.

Yang bisa dilakukan adalah hanyalah mengendalikan kadar gula dalam darah dengan mengatur pola makan agar tidak terjadi komplikasi. Binahong dipercaya mampu membantu menurunkan kadar gula secara optimal karena mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. (Ramlee)



Sumber : remen.id


Binahong, Tanaman yang Memiliki Sejumlah Manfaat bagi Kesehatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...