Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Jumat, 29 Desember 2023

Ikan Lemon, Ikan Hias Air Tawar Galak yang Mudah Dibudidayakan



Ikan lemon (Neolamprologus leleupi) merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari keluarga cichlid atau siklid. Ikan lemon mempunyai ciri khas warna kuning ini sudah sangat familiar di kalangan hobies. Ikan ini punya ciri khas warna yang sangat mencolok seperti jeruk lemon. Ikan lemon disebut juga dengan nama electric yellow cichlid atau yellow prince.

Awalnya, ikan lemon merupakan spesies ikan yang ditemukan di danau Malawi, Afrika Selatan. Kemudian, ikan ini dikembangkan oleh Pierre Brichard di sepanjang danau Tanganyika, Afrika Tengah, hingga jumlahnya mencapai ribuan ekor.

Pada awal 1980-an Brichard mengekspor ikan tersebut ke seluruh dunia dan diterima dengan baik oleh para pencinta ikan hias karena karakternya yang unik dan mudah dipelihara. Ikan ini merupakan salah satu spesies dari genus Cichlid, yaitu kelompok ikan air tawar yang paling berwarna di dunia.

Ikan Lemon yang cantik

 

Selain warna kuning menyala pada tubuhnya, ikan ini juga memiliki karakter yang menarik, agresif, dan tidak segan menyapa pemiliknya untuk meminta makanan. Ikan lemon cocok dipelihara di aquarum hardscape karena jika di aquascape ikan lemon ini dapat memakan tanaman yang di tanam di aquascape.

Baca juga : Ikan Mas Koki, Ikan hias Peliharaan Sejak Dahulu

Ikan lemon dikategorikan sebagai ikan air tawar sekunder, artinya, nenek moyang ikan ini adalah ikan laut. Ikan ini diyakini sebagai ikan laut yang pindah ke air tawar karena memiliki ciri-ciri yang berkaitan dengan sejumlah spesies ikan laut.

Ikan lemon jantan
 

Ikan ini memiliki tubuh berukuran kecil. Di habitat aslinya panjang tubuh ikan ini hanya mencapai 15 cm. Namun, rata-rata ikan yang dijual di pasaran hanya berukuran 10 cm. Selain warna kuningnya yang mencolok, hewan ini dapat dikenali dengan bentuk tubuhnya yang sedikit membulat dan dilindungi oleh sisik bertipe ctenoid.

Ukuran tubuh lemon jantan biasanya lebih besar dari betina. Selain itu, ukuran kepala jantan juga lebih besar dan jenong dibanding ikan betina. Ciri lainnya, warna sirip atas dan bawah pada ikan jantan berwarna hitam, sementara betina berwarna kuning.

Di habitat asalnya, ikan ini hidup dalam air dengan kandungan mineral tinggi. Danau ini juga terkenal dengan kejernihan air dan pH yang stabil. Oleh karena itu, memeliharanya harus diperhatikan betul kualitas airnya. Air yang paling baik untuk memelihara ikan memiliki pH antara 7.5-9.2 dengan suhu air sekitar 25-27 derajat Celsius.

Sebagaimana lingkungan asalnya di Danau Malawi, ikan ini juga menyukai daerah berbatu atau berpasir sebagai tempat hidupnya. Kondisi tersebut bisa diterapkan dalam akuarium agar ikan lemon tumbuh dengan baik.

Ikan lemon betina
 

Ikan lemon merupakan jenis ikan karnivora alias pemakan daging. Di habitat aslinya, ikan ini tergolong predator yang agresif dan suka mengganggu ikan lainnya. Meski demikian, ikan hasil budidaya umumnya lebih tenang, tetapi akan tetap bereaksi agresif ketika merasa terancam.

Baca juga : Louhan, Ikan Hias Air Tawar Cantik dengan Dahi Unik

Ikan ini termasuk ikan teritorial sehingga kurang cocok jika harus digabungkan dengan jenis ikan lain. Terutama pada saat musim kawin, ikan ini akan lebih agresif dan akan mempertahankan wilayahnya dengan ganas.

Memelihara ikan lemon sebaik lebih dari satu
 

Ikan lemon suka hidup bersama kawanannya dan akan membentuk kelompok kecil yang rata-rata terdiri dari enam anggota. Sehingga diperlukan aquarium cukup besar, minimal berukuran 1 meter untuk memelihara ikan ini.

Selain agresif, ikan ini juga tergolong rakus, melahap hampir semua makanan apapun yang diberikan. Namun, makanan yang terbaik untuk jenis ikan ini adalah berupa mahluk hidup, seperti spirulina, artemia, udang, daging ikan, krill, dan kerang.

Namun khusus untuk ikan lemon ini tidak bisa diberikan pakan berupa cacing merah karena dapat menyebabkan gangguan usus. Jika dipelihara dan diberi makan dengan baik, ikan lemon bisa bertahan hingga berumur 9 tahun.

Ikan ini termasuk ikan yang cukup produktif, sekali bertelur ikan ini dapat menghasilkan setidaknya 100 butir telur yang siap dibuahi. Ikan jantan selama proses pemijahan juga bisa membuahi beberapa ikan betina sekaligus alias bersifat poligami.

Anakan ikan lemon
 

Telur yang telah dibuahi akan menetas dalam waktu 4 hari dan mendapat asupan makanan dari kuning telur yang menempel pada perutnya. Setelah cadangan makanan habis maka ikan dapat diberi kutu air atau mikropelet.

Baca juga : Ikan Sumpit, si Ninja Bawah Air

Induk betina ikan lemon termasuk tipe mouthbreeder alias suka mengerami telurnya dalam mulut hingga menetas. Jadi, induk betina tidak perlu dipisahkan karena tidak tidak berbahaya untuk anak-anak burayak. Setelah burayak ikan berusia 2 minggu, pindahkan ke dalam kolam atau akuarium yang lebih besar agar burayak tidak berebut makanan dan menjadi kanibal.

Ikan lemon biru
 

Jenis ikan hias yang satu ini biasa hidup berkelompok pada habitat aslinya. Satu kelompok ikan lemon dapat beranggotakan kisaran antara 4 – 10 ikan. Selain pada habitat aslinya, ikan ini tentunya juga dapat berkelompok tapi tidak terlalu banyak.

Ikan lemon mempunyai karakterisitik yang lebih tenang dan tidak se-agresif ikan cichilds pada umumnya, jadi ikan lemon ini cocok buat pemula yang ingin memelihara ikan hias air tawar. Namun ikan lemon ini bersifat teritoral. Pada dasarnya sifat ikan cichlids seperti itu. Maka diperlukan aquarium berukuran minimal 1 meter untuk memelihara ikan lemon ini. (Ramlee)


Sumber : remen.id

Ikan Lemon, si Kuning Galak dari Afrika yang Mudah Dipelihara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...