Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Rabu, 31 Mei 2023

Ikan Mas Koki, Ikan hias Peliharaan Sejak Dahulu

 


Ikan mas koki (Carrasius auratus) adalah salah satu jenis ikan air tawar populer di Indonesia. Sepertinya yang bukan penghobi pun tahu ikan jenis ini. Bentuknya yang bulat dan gerak berenangnya yang lucu memang membuat ikan mas koki kerap dicari oleh anak-anak untuk dipelihara.

Ikan cantik ini awal mulanya dibudidayakan oleh masyarakat Tiongkok sekitar tahun 960 hingga 1729. Bentuk ikan mas koki nyaris serupa dengan ikan mas karena kedua jenis ikan ini berasal dari satu keluarga yang sama. Namun bedanya, ikan mas koki tidak memiliki sepasang sungut di bagian mulutnya.

Pada masa pemerintahan dinasti Ming antara tahun 1368 hingga 1644. Ikan ini semakin terkenal hingga muncul beraneka spesies ikan koki dengan bentuk tubuh bervariasi dan unik. Selanjutnya, ikan mas koki kemudian dikenal hingga ke Jepang.

Ikan mas koki di tempat mungil pun tetap terlihat cantik
 

Di Negeri Matahari Terbit tersebut, ikan ini mengalami perkembangan cukup pesat hingga menghasilkan banyak jenis baru dengan bentuk lebih variatif. Aneka ikan koki jenis baru tersebut merupakan hasil perkawinan silang yang terus dikembangkan hingga mendapatkan ikan dengan bentuk unik dan berciri khas tertentu.

Baca juga :  Arwana, Ikan Hias Eksotik yang Simpan Ratusan Telurnya dalam Mulutnya

Dari beberapa spesies baru yang dihasilkan, beberapa diantaranya memiliki bentuk tubuh bulat, pendek, berbenjol, memiliki sirip panjang. Hingga yang mempunyai bentuk ekor yang menjuntai seperti selendang.

Usaha budidaya ikan mas koki di Trenggalek
 

Ikan mas koki mempunyai ciri yang mudah dikenali, yaitu tubuh gendut pendek, punggung sedikit bongkok, serta bersirip lengkap yang terdiri dari sirip dada, sirip perut, sirip punggung, dan sirip ekor. Bentuk tubuh yang pendek dan gempal merupakan salah satu ciri khas yang membedakannya dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Selain bentuk tubuhnya yang unik, ikan koki juga memiliki sisik menarik dengan ukuran relatif kecil. Mulutnya terletak di ujung tengah yang bisa disembulkan atau protaktil. Di bagian ujung mulutnya terdapat dua pasang sungut, sementara di bagian ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan yang tersusun atas tiga baris.

Ciri & Karakteristik

Berikut ini adalah beberapa ciri ikan mas koki yang paling menonjol, antara lain, ikan koki memiliki bentuk tubuh cenderung pendek dan membulat. Matanya lebar dan besar. Di bagian samping tubuh ikan koki terdapat gurat sisi. Kelopak matanya tergolong kecil, tidak bisa membuka dan menutup.

Sisik di bagian tubuhnya berderet rapi dan mengilap. Kepala dan pipi ditutupi oleh jaringan daging yang menebal meski tidak semua jenis ikan ini memilikinya. Umumnya ikan mas koki mempunyai tubuh dengan warna dasar hitam, kuning, putih, dan merah. Setiap jenis ikan maskoki memiliki bentuk kepala yang berbeda-beda.

 

Ikan mas koki dengan bentuknya dan caranya berenang membuatnya populer

 

Habitatnya

Habitat ikan mas koki adalah air tawar dengan aliran lambat, dangkal, dan bersih. Biasanya, ikan ini bisa ditemukan di daerah danau ataupun sungai. Ikan koki mampu bertahan hidup di lingkungan air dengan pH antara 6 hingga 7. Suhu airnya 27 sampai 30 oC, dan kandungan oksigen terlarut ≥ 5 ppm.

Baca juga :  Ikan Gabus Hias asal Indonesia Banyak Dicari Penghobi dan Bisa Berharga Sangat Mahal

Di negara yang memiliki empat musim, ikan mas koki lebih aktif pada musim semi. Sebab, suhu lingkungan sekitarnya mencapai 12 hingga 20 oC. Ikan ini juga mampu memijah atau berkembangbiak sepanjang tahun, tidak dipengaruhi oleh musim apapun.

Ikan mas koki sedang berebut makanan
 

Jika berniat memelihara ikan mas koki, maka air yang digunakan sebagai media hidup ikan ini harus sangat diperhatikan. Sebab air tersebut harus memiliki perbandingan gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) yang seimbang.

Jika kadar CO2 ternyata lebih tinggi, pasti akan mengakibatkan kematian pada ikan. Ikan koki juga sangat senang hidup di air yang jernih dan bersih. Meski begitu, ikan-ikan ini juga bisa hidup di air keruh asal kadar oksigennya tercukupi.


Jenis Ikan Mas Koki

Saat ini banyak sekali jenis ikan mas koki di pasaran. Berikut ada beberapa jenis ikan koki yang cukup populer, yaitu:

Ikan mas koki black moor

Suihogan Goldfish

Spesies ikan maskoki yang cukup unik ini berasal dari Tiongkok. Salah satu ciri khasnya adalah mata yang menunjuk ke atas dengan dua kantung besar berisi cairan. Ikan ini juga tidak memiliki sirip di bagian punggung dan mampu tumbuh hingga 20 cm.

Ikan mas koki Ranchu
 

Ranchu Goldfish

Ranchu Goldfish adalah ikan mas koki dengan tampilan tidak biasa dan kerap disebut sebagai rajanya ikan mas oleh penduduk Jepang. Diketahui, ikan koki jenis ranchu merupakan hasil percobaan dari perkawinan silang yang berbeda dari spesies Lionhead China.

Ikan koki ranchu tidak memiliki sirip atas dan terdiri dari banyak warna, mulai dari oranye, merah, putih, merah dan putih, biru, hitam, hitam putih, serta hitam merah.

Ikan mas koki Oranda

 

Oranda Goldfish

Ikan maskoki jenis oranda disebut-sebut sebagai spesies yang paling unik berasal dari Tiongkok dan Jepang. Ciri khasnya terletak di bagian kepala yang memiliki tudung berbentuk seperti buah raspberry.

Baca Juga :  Ikan Gabus, Ikan Predator Air Tawar Bernilai Tinggi

Ikan koki ini sangat terkenal di seluruh dunia. Salah satu ciri khasnya adalah empat helai ekor panjang yang sangat memesona.

Ikan mas koki Ryukin

 

Ryukin Goldfish

Ikan koki ryukin memiliki warna cerah dengan sirip berukuran dua kali panjang tubuhnya. Moncong ikan mas koki ryukin terbilang lancip dan punggungnya bungkuk.

Ryukin memiliki tubuh berwarna-warna cerah, seperti marun, merah putih, metalik, hingga belacu. Ikan yang memiliki nama lain Ribbontail, Fringetail, Fantail, dan Veiltail ini bisa tumbuh hingga 21 cm jika dirawat dengan baik di dalam akuarium. (Ramlee)



Sumber : remen.id



Ikan Mas Koki, Bentuk dan Cara Berenangnya Membuatnya Jadi Populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...