Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Kamis, 11 Januari 2024

Buah-buahan Asli Indonesia yang Terancam Punah



Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Indonesia terletak di daerah tropis, ini menyebabkan wilayah Nusantara memiliki tingkat curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga memiliki keanekaragaman hayati lebih tinggi dibandingkan dengan daerah subtropis (iklim sedang) dan kutub (iklim kutub).

Keanekaragaman hayati Indonesia sebanding dengan Brazil yang mempunyai daratan lebih dari lima kali besarnya. Ada sekitar 6.000 spesies tumbuhan, 1.000 spesies hewan, dan 100 spesies jasad renik yang telah diketahui potensinya dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

Buah Lobi-lobi
 

Wilayah Indonesia menjadi hunian yang nyaman bagi berbagai flora dan fauna. Terlebih, ekosistem yang didominasi oleh hutan hujan tropis serta berbagai ekosistem perairannya menyebabkan keanekaragaman hayati di Tanah Air berlimpah.

Orang bilang, Indonesia adalah ‘Tanah Surga’. Gemah Ripah Loh Jinawi memang julukan yang pas untuk menggambarkan betapa melimpahnya kekayaan negeri ini. Dengan struktur tanahnya yang subur, menjadikan Indonesia memiliki segudang jenis flora.

Buah manau


Mulai dari beragam jenis pohon, bunga hingga buah. Bicara tentang buah, setiap daerah tentu memiliki buah khasnya masing- masing. Yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri dengan rasa yang nikmat, dan bernutrisi.

Baca juga : Gandaria, Buah Langka Mirip Mangga yang Mempunyai Banyak Manfaat

Sebagian merupakan jenis buah-buahan yang jarang ditemui atau terbilang langka. Biasanya hanya terdapat di beberapa daerah saja. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh jenis tanah yang ada di masing-masing daerah.

Buah Lai yang mirip dengan durian
 

Ada beberapa jenis buah yang hanya bisa tumbuh dengan iklim tertentu. Keunikan jenis-jenis buah di Indonesia ini juga sering kali masuk ke dalam rekomendasi buah-buahan yang patut dicoba pada berbagai media travel International.

Tidak jarang juga banyak wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh ke Indonesia untuk mencicipi buah-buah langka tersebut. Berikut berbagai macam buah-buah yang sudah mulai langka atau jarang ditemui di Indonesia.

Buah Belimbing Darah Umbing Ucong
 

Buah lobi-lobi, mempunyai rasa yang cenderung asam dan sedikit manis. Buah lobi-lobi ini sangat cocok dijadikan rujak, diolah menjadi manisan, asinan, dan selai. Mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan, seperti mengatasi diare dan kencing darah.

Buah Manau, merupakan buah dari pohon rotan yang tumbuh di sekitar Bangka, Belitung, dan Kalimantan. Sekilas tampak seperti buah salak karena bersisik, tetapi ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval. Rasa buah manau tidak begitu manis dan membuat lidah bergetar karena cenderung pahit sepat. Biasanya manau diolah menjadi asinan.

Buah kemunting
 

Buah Lai, bagi pecinta durian, tentu akan familiar dengan buah Lai. Yakni buah yang berasal dari Kalimantan Timur dan memang masih satu kerabat dengan buah durian. Porsi dagingnya sekitar 20-40 persen berwarna oranye dengan tekstur agak kering dan halus. Manfaat yang bisa didapatkan adalah dapat memperlancar pencernaan, mencegah stres, menambah nafsu makan, dan lain-lain.

Baca juga : Kesemek, Si Buah Bedak yang Punya Banyak Khasiat bagi Kesehatan

Buah Belimbing Darah Umbing Ucong, merupakan buah yang ada di hutan tropis Kalimantan, rasanya manis asam dan teksturnya mirip dengan belimbing. Buah yang disebut belimbing hutan ini memiliki daging putih dan kulit berwana yang menarik, buah ini terkenal di kalangan suku Dayak.

Buah Kelubi


Buah Kemunting, pohon kemunting biasanya tumbuh di atas bukit, khususnya di tanah liat dan bercampur pasir. Buah kemunting berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 1-1,5 sentimeter. Buah kemunting mengandung banyak serat dan rasanya manis. Kemunting matang biasanya berwarna ungu tua. Sebagian orang memanfaatkan kemunting menjadi pai ataupun selai.

Buah Kelubi, buah ini sering dijumpai di Provinsi Sumatera. Lebih tepatnya di daerah Bangka, Riau, Jambi, dan Lampung. Rasanya cenderung asam tapi menyegarkan. Beberapa daerah di Sumatera Selatan, biasanya menggunakan kelubi sebagai campuran sambal terasi. Sedangkan, di Kalimantan Timur, kelubi sering dijadikan sebagai manisan.

Buah keledang mirip dengan buah nangka
 

Keledang, atau biasa dikenal bangsal adalah salah satu jenis buah langka dari Kalimantan. Pohon buah keledang tingginya bisa mencapai 40 meter. Buah ini terlihat seperti nangka dengan warna daging buah yang berbeda. Rasanya manis, sensasinya seperti kolaborasi rasa nangka dan manggis.

Buah Bemotong, buah ini termasuk jenis buah yang tumbuh dengan menggerombol di pangkal batang pohonnya dan tersusun dalam tandan. Bentuk buahnya terlihat seperti ujung bolpoin dengan kulit buah berwarna merah segar, dan akan berubah kecokelatan ketika dipetik dari pohonnya.

Buah Bemotong
 

Warna daging buahnya memiliki dua jenis yakni ungu dan putih serta terdapat biji kecil yang ada di tengah buah. Bemotong memiliki rasa manis ketika dinikmati dan meskipun terdapat biji kecil di dalamnya, namun tetap bisa dimakan layaknya memakan buah manggis.

Baca juga : Buah Kecapi, Buah Langka yang Punya Khasiat Alami

Buah Wanyi, secara sekilas buah wanyi terlihat memiliki bentuk yang seperti mangga, namun sebenarnya buah ini benar-benar berbeda dengan mangga. Meskipun terlihat mirip, tapi wanyi memiliki ukuran yang lebih besar dari mangga dan buah ini memiliki aroma yang terbilang tajam seperti buah nangka.

Buah Wanyi
 

Buah wanyi biasanya tumbuh di daerah hutan di Kalimantan, umumnya paling banyak di daerah Kalimantan Timur. Di samping aromanya yang tajam, wanyi memiliki daging buah yang rasanya manis asam dan mengandung banyak serat. Banyaknya serat pada buah ini cocok untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Selain buah yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi buah langka lainnya. Diperlukan upaya pelestarian lingkungan dengan cara menanam agar generasi berikutnya tahu buah-buah unik Nusantara. Menanam pohon menjadi sedekah bagi lingkungan dan kehidupan umat manusia. (Ramlee)



Sumber : remen.id

Buah-buah Langka Nusantara yang Kian Sulit Ditemukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...