Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Minggu, 30 April 2023

Mahkota Dewa, Buah Simalakama yang Bermanfaat bagi Kesehatan



Mahkota dewa ( Phaleria macrocarpa ) merupakan tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias dan bisa digunakan untuk obat tradisional atau obat herbal. Namun seiring dengan berjalannya waktu tanaman ini lebih dikenal dengan tanaman obat atau tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa tanaman mahkota dewa ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Bahkan buah ini juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk menciptakan obat-obatan yang alami dan berguna bagi banyak orang.

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman obat Indonesia dengan sejuta manfaat. Tanaman asli Indonesia yang tumbuh di pulau Papua ini dipercaya mempunyai kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kanker, diabetes, asam urat, hingga hepatisis mampu disembuhkan dengan ramuan mahkota dewa.

Bibit tanaman mahkota dewa
 

Selain dinamai mahkota dewa, tanaman berkhasiat obat ini di beberapa daerah disebut juga dengan beberapa nama yang berbeda. Penyebutan itu diantaranya adalah makuto rojo, makuto ratu, makuta dewa (Jawa), simalakama (Melayu). Dalam bahasa Inggris kerap dinamai sebagai Crown of God, selain disebut dengan menggunakan nama ilmiahnya, Phaleria macrocarpa.

Baca juga :  Kabau, Sejawatnya Pete Jengkol dan Lamtoro

Tumbuhan ini memiliki buah berbentuk bulat, berwarna hijau ketika muda dan merah marun ketika tua. Permukaan batangnya kasar, warnanya coklat, memiliki getah, dan percabangan simpodial. Ukuran buah yang bervariasi dari sebesar bola pingpong sampai sebesar apel dengan ketebalan kulit 0,1-0,5 mm. Daging buah berwarna putih, berserat, dan berair. Biji bulat, keras, dan berwarna cokelat.

Biji mahkota dewa


Tanaman mahkota dewa memiliki tinggi sekitar 1 – 3 meter. Batang berkayu, bulat, permukaan kulit kasar, berwarna coklat, dan bergetah. Sistem percabangannya simpodial dengan arah cabang miring ke atas.

Daun mahkota dewa berbentuk bulat panjang, berdaun tunggal dan letaknya berhadapan. Bertangkai pendek, bentulnya lanset atau lonjong, ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata, berwarna hijau tua, panjang daun sekitar 7 – 10 cm dan lebar daun 2 – 5 cm.

Bunga mahkota dewa tunggal yang muncul di ketiak daun dan sepanjang batang. Tangkai bunga pendek sedangkan mahkota bunga berbentul tabung berukuran kecil, berwarna putih, dan harum. Bunga muncul sepanjang tahun, tersebar di batang, berwarna putih, dan akarnya berjenis tunggang.

Baca juga :  Genjer, Gulma Pertanian yang Nikmat dan Berkhasiat

Tanaman mahkota dewa tumbuh dengan baik di ketinggian antara 10 – 1.200 meter dpl. Dapat diperbanyak dengan biji (generatif) dan cangkok. Cukup mudah merawat tanaman ini, bahkan nyaris tanpa pemeliharaan yang khusus tetap tidak masalah.

Buah mahkota dewa yang masih muda


Hampir semua bagian tumbuhan mahkota dewa dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun yang kerap dipergunakan adalah daun, daging, dan kulit buahnya. Daun mahkota dewa mengandung antihistamin, alkaloid, saponin, dan polifenol (lignan). Kulit buah mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid.

Dengan berbagai kandungan tersebut, mahkota dewa dipercaya ampuh untuk mengobati kanker, tumor, kencing manis (diabetes melitus), hepatitis, dan asam urat. Juga bermanfaat untuk mengatasi radang kulit, eksim, hingga jerawat.

Baca juga : Kecipir, One Species Supermarket yang Hampir Terlupakan
 
Namun perlu diperhatikan bahwa biji mahkota dewa memiliki kandungan racun. Termasuk saat memakan buah segar secara langsung yang bisa menyebabkan bengkak di mulut, sariawan, mabuk, kejang, hingga pingsan.

Buah mahokta dewa yang telah masak
 


Berikut beberapa manfaat dari Mahkota dewa :

Mencegah diabetes

Perlu diketahui bahwa manfaat mahkota dewa salah satunya adalah mampu untuk mencegah anda dari yang namanya penyakit diabetes. Jenis penyakit yang satu ini telah menjadi pembunuh nomer satu yang ada di dunia. Hal ini jelas dikarenakan diabetes mellitus bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali.

Dengan mengkonsumsi mahkota dewa maka kesembuhan yang anda inginkan akan bisa menjadi milik anda dengan segera. Belum lagi, mahkota dewa juga merupakan salah satu jenis tanaman yang berkhasiat dalam melawan segala jenis kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.


Mengobati penyakit liver

Ada lagi manfaat mahkota dewa yang lainnya. Manfaat tersebut adalah mampu untuk mencegah anda dari penyakit liver yang sangat berbahaya bagi tubuh. Penyakit liver adalah jenis penyakit yang sangat menarik dikupas. Ini dikarenakan penyakit tersebut bisa menyerang siapapun yang memiliki gaya hidup yang salah.

Untungnya masalah liver ini bisa disembuhkan dengan mudah menggunakan mahkota dewa. Jenis tanaman yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada tubuh anda. Hal ini jelas dikarenakan didalamnya terdapat zat anti inflamasi yang akan bagus untuk menyehatkan tubuh yang anda miliki dengan cepat.

Pengeringan daging buah mahkota dewa
 


Meningkatkan kualitas organ tubuh

Selain itu manfaat mahkota dewa juga sangat bagus untuk membuat organ tubuh anda semakin sehat dari waktu ke waktu. Banyak sekali orang yang merasakan manfaat luar biasa dari tanaman ini. Ditambah lagi, perannya yang bagus dalam memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga akan membuat anda semakin nyaman dalam menggunakannya.

Baca juga : Buah Bit, si Merah yang Punya Banyak Nutrisi untuk Kesehatan

Tanaman yang satu ini juga merupakan pilihan tanaman yang tepat untuk memperkuat kualitas dari organ tubuh yang dimiliki oleh manusia agar bisa berfungsi dengan baik. Sebuah manfaat yang tentunya amat sangat luar biasa dari tanaman yang kaya manfaat ini.

Kapsul mahkota dewa
 
Ditambah lagi, fungsinya sebagai perawat organ internal yang penting dalam tubuh seperti jantung juga sangat istimewa sekali. Sudah pasti manfaat tersebut akan bisa anda dapatkan dengan sangat mudah.

Menyehatkan tumbuh kembang anak

Salah satu manfaat mahkota dewa yang sangat impresif adalah adanya zat Bio Active yang terdapat didalamnya. Dengan adanya zat tersebut maka tanaman yang satu ini bisa menjadi tanaman yang berkhasiat bagi anak anda untuk memiliki tubuh yang baik dan istimewa.

Teh herbal mahkota dewa
 

Di sisi lain, mahkota dewa juga adalah jenis tanaman yang diperkaya dengan nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh sehingga di sisi lain akan mampu untuk membuat tubuh anda menjadi lebih berkualitas dari waktu ke waktu.

Zat yang terkandung dalam mahkota dewa ini juga akan memberikan anda manfaat yang luar biasa dimana daya tahan tubuh anda bisa semakin meningkat dan serangan virus, bakteri, serta jamur akan bisa anda atasi dengan segera. Sebuah langkah yang tentunya sangat istimewa untuk diterapkan buat memiliki tubuh yang sehat. (Ramlee)




Sumber : remen.id

Mahkota Dewa Tanaman dengan Sejuta Manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...