Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Senin, 22 April 2024

Homalomena, Tanaman Hias Indoor Tropis dengan Daun Cantik




Homalomena merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keberadaannya banyak ditemukan pada wilayah iklim tropis hingga subtropis. Homalomena menjadi salah satu tanaman hias favorit dalam ruangan karena memiliki beberapa keunggulan dan manfaat. Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama tanaman nampu.

Homalomena adalah tanaman dalam ruangan yang relatif mudah untuk tumbuh dengan bentuk dan warna daun yang indah. Tanaman digemari pencinta tanaman karena mudah perawatannya, ketahanannya terhadap penyakit, dan toleransinya terhadap kondisi pencahayaan rendah.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman keluarga keladi ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman herba. Homalomena adalah tanaman asli wilayah tropis hingga subtropis yang ditemukan di iklim lembap seperti di Kolombia, Kosta Rika, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Malaysia, dan Filipina.


Homalomena Pictum Tricolor

Hampir 135 spesies tanaman Homalomena dapat ditemukan di hutan hujan Asia tenggara hingga Melanesia. Jenis tanaman ini biasanya dapat tumbuh dalam kelembaban yang cukup tinggi. Biasanya tanaman ini memiliki usia berkisar antara lebih dari 10 tahun.

Baca juga : Bunga Wijaya Kusuma, Queen of The Night yang Anggun dan Eksotis

Nampu berdaun tunggal dengan tangkai sepanjang 50—60 cm berbentuk bulat dan berdaging, permukaan daunnya licin, dan memiliki pertulangan menyirip. Panjang daun nampu 70—90 cm dengan lebar daun 20—35 cm dan berwarna hijau tua.


Homalomena Emerald Gem

Batang dan daun homalomena ini dapat juga hadir dalam warna beragam, dari hijau tua ke merah, merah anggur, dan nuansa warna tembaga. Berbentuk hati atau setengah hati, dan permukaan daunnya mengkilat seperti dilapisi lilin.

Biasanya diantara sela-sela daunnya terdapat juga bunga bersifat majemuk, bunga tersebut memiliki mahkota dengan jumlah 8 mahkota. Bunga dari tanaman homalomena ini memiliki warna ungu dengan pinggirnya berwarna putih.


Homalomena Purple Sword

Tanaman hias homalomena memiliki bunga yang menarik, tetapi sangat sedikit. Bunganya berbentuk bongkol berwarna ungu, bunga ini tumbuh pada ketiak daundengan bentuk seperti jari. Ada banyak spesies liar tanaman homalomena, tetapi hanya sedikit yang tersedia secara komersial dan diperuntukkan sebagai tanaman hias.

Baca juga : Bunga Desember, Tanaman Hias Unik yang Mekar pada Akhir Tahun

Spesies hibrida lebih banyak dikembangkan karena tampilannya yang luar biasa. Beberapa varietas homalomena popular di masyarakat pecinta tanaman hias. Diantarnya emerald gem memiliki daun berwarna hijau tua, mengkilap, dan berbentuk hati.


Homalomena Lemon Glow

Purple sword memiliki dedaunan berbintik hijau dan perak dengan bagian bawah burgundy. Selby memiliki daun berbintik hijau muda bermata hijau gelap. Pewter dream memiliki kemilau abu-abu di dedaunan hijaunya. Lemon glow memiliki daun oval berwarna kuning kehijauan yang cerah.

Homalomena membutuhkan suhu optimal antara 16 sampai 33 derajat celcius. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam eksposur cahaya sedang hingga rendah, tetapi benar-benar berkembang dalam kondisi cahaya sedang. Sinar matahari yang berlebihan dapat membakar daunnya, menyebabkan bintik-bintik terbakar pada daun.


Homalomena Selby

Tanaman ini menghendaki penyiraman yang teratur, tidak suka tanah kering, tetapi juga tidak suka tergenang air. Jadi, buatlah drainase yang baik. Beri pupuk secara teratur dengan pupuk nabati cair sesuai dosis yang disarankan.

Baca juga : Gerbera, Komoditas Bunga Potong yang Semakin Banyak Peminatnya

Tanah untuk media tanam homalomena harus semi berpori, berbasis gambut, tetapi tidak terlalu padat, serta mengandung sedikit pasir dan banyak bahan organik humus. Beberapa kandung yang dimiliki tanaman ini diantaranya adalah saponin, flavonoid, polifenol dan tanin yang berada pada rimpang dan daunnya.


Homalomena Schismatoglottis

Tanaman ini berkhasiat untuk menghilangkan kelembapan angin, memperkuat urat dan tulang untuk obstruksi seperti nyeri, kejang, dan mati rasa. Tanaman ini juga berkhasiat untuk nyeri bengkak karena cedera traumatis. Selain itu, tanaman ini digunakan untuk mengatasi rematik, pegal linu, dan meningkatkan nafsu seks dari pria. (Ramlee)


Sumber : remen.id


Homalomena, Tanaman Hias Indoor Favorit Kerabat Philodendron


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...