Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 06 April 2024

Ikan Oscar, Predator dengan Tampilan yang Menawan



Ikan oscar (Astronotus ocellatus) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di akuarium. Nama ocellatus diambil dari bahasa latin yang artinya “memiliki mata kecil”. Penamaan tersebut sesuai dengan spot hitam yang terlihat seperti mata di bagian pangkal ekor atau bagian belakang tubuhnya (caudal) yang menjadi ciri khasnya.

Namun tidak semua jenis ikan oscar memiliki spot ini. Ikan oscar seringkali berwarna hitam, kelabu, kecokelatan, hingga hijau zaitun, namun ada juga yang berwarna krim atau kekuningan. Kecantikan ikan ini bertambah dengan adanya corak abstrak (seperti batik) yang berwarna cerah pada permukaan tubuhnya.

Corak tersebut terkadang membentuk sebuah huruf atau tulisan dan dijadikan sebagai tanda keberuntungan bagi pemiliknya sehingga menjadikan nilai jualnya meningkat. Corak abstrak ikan oscar biasanya berwarna kuning, oranye, hingga merah.

Ikan oscar di habitat aslinya
 

Meski menjadi pilihan favorit ikan hias lainnya, namun bila dibandingkan ikan mas koki ataupun ikan cupang kepopuleran ikan oscar masih dibawahnya. Hal tersebut berkaitan dengan harga dan cara perawatan oscar yang tidak semudah ikan hias lokal.

Baca juga : Molly, Ikan hias Air Tawar Sudah Sejak Lama Digandrungi Hobis

Meski populer di Indonesia, ternyata ikan ini berasal dari kawasan sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan, sama seperti arapaima maupun piranha. Selain itu, ikan ini juga ditemukan di sekitar kawasan Rio Paraguay, Parana, dan Rio Negro.

Ikan oscar di dalam akuarium tampak mempesona
 

Namun, hampir semua jenis ikan oscar yang dijual di pasaran saat ini adalah ikan hasil budidaya dan bisa dipastikan sulit menemukan spesies tangkapan asli dari habitatnya. Pada awal tahun 1969, berbagai jenis oscar dikenalkan ke berbagai negara seperti Polandia, Filipina, Italy, Guam, Jerman, Australia, Brasil, Kanada, Pantai Gading dan Cina.

Tahun 1970, oscar dikirim ke negara Singapura dalam jumlah besar melalui William Petra asal Indonesia, sebagai masa awal pengenalan oscar. Ikan yang masih termasuk dalam keluarga Cichlid ini merupakan ikan yang cukup agresif sehingga tidak cocok tinggal bersama ikan-ikan jenis lainnya, khususnya ikan yang berukuran lebih kecil di dalam akuarium yang sama.

Albino Oscar


Namun sekelompok kecil ikan oscar tidak masalah hidup dalam satu tempat, misalnya akuarium berukuran medium yang berisi 4 – 5 ekor oscar. Ikan oscar juga tidak memiliki masalah dengan tinggal bersama ikan Cichlid jenis lainnya.

Meski ikan ini digolongkan sebagai salah satu predator, namun ikan ini tidak seagresif maupun seganas piranha, sehingga orang pun tidak perlu takut dalam memelihara oscar. Karakteristik ikan oscar yang kuat sebagai ikan predator dan tampilannya yang eksotis, membuat orang tertarik memelihara ikan oscar di rumah.

Ikan oscar mampu tumbuh mencapai lebih dari 45 cm dengan berat lebih dari 1,5 kg di habitat aslinya. Namun di akuarium biasanya hanya mencapai 20 – 30 cm saja. Jika diberi makan dan dirawat dengan cara yang benar, masa hidup ikan oscar mencapai 14 tahun sehingga cocok menjadi ikan hias peliharaan jangka panjang.

Ikan oscar biasa hidup di sungai dengan air bersifat masam, meski begitu ikan ini sangat toleran terhadap segala jenis kondisi air. Di habitat asli maupun akuarium, ikan ini membutuhkan air dengan suhu antara 23 oC sampai 27 oC agar dapat hidup optimal.

Black Oscar
 

Di habitat aslinya, ikan oscar ini merupakan salah satu pemakan serangga ulung seperti jangkrik dan jenis serangga lainnya. Ikan oscar juga akan memangsa ikan-ikan lain dengan ukuran lebih keci. Selain itu ikan jenis ini menyukai krustasea (udang-udangan) seperti udang dan kepiting.

Baca juga : Ikan Komet, Ikan Hias Unik dan Cantik Kerabat Dekat Ikan Koki

Ikan oskar termasuk ikan omnivora, yaitu pemakan daging maupun tumbuhan. Makanan ikan oscar dapat berupa ikan-ikan kecil, serangga, krustacea (jenis udang-udangan), dan zooplankton. Pada habitat aslinya ikan ini dapat memakan tumbuhan air yang tumbuh liar atau pun buah-buahan yang jatuh ke dalam perairan tempat ia hidup.

Copper Oscar
 

Untuk untuk memelihara ikan oscar ini, maka sebaiknya atur akuarium dengan dasar pasir yang dalam disertai beberapa batu besar. Namun di alam liar, habitat paling sesuai bagi ikan oscar adalah perairan danau tergenang atau perairan dengan bagian dasar tidak berbatu.

Sebagian orang berpendapat memelihara dan merawat ikan oscar di dalam akuarium tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi juga tidak terlalu sulit juga untuk dilakukan jika kita benar-benar cermat. Faktor utama yang menentukan tingkat keberhasilan pemeliharaan ikan oscar adalah kualitas air di dalam akuarium.

Lemon Oscar
 

Idealnya akuarium untuk memelihara ikan oscar adalah akuarium berukuran besar, yaitu yang dapat menampung kurang lebih 40 sampai 45 liter air. Kebutuhan air yang banyak tersebut sesuai dengan pertumbuhan ikan yang dapat mencapai 40 cm dan gerakannya sangat aktif sekaligus agresif. Jika akuarium yang disediakan berukuran terlalu kecil, maka ikan akan mudah stres dan menghambat pergerakannya.

Air menjadi media utama dalam perawatan ikan oscar. Jika air yang digunakan berkualitas baik, maka ikan dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna. Kualitas dan suhu air harus benar-benar diperhatikan karena ikan oscar sensitif terhadap perubahan suhu atau peningkatan kadar amonia.

Akuarium untuk ikan oscar dapat diletakkan di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari, karena cahaya dibutuhkan oleh ikan oscar untuk tumbuh dan berkembang. Namun, jangan tempatkan akuarium di bawah cahaya matahari secara langsung agar tidak terjadi peningkatan suhu air.

Di akuarium, ikan oscar lebih dikenal sebagai ikan karnivora yang cepat dalam melahap mangsanya. Oleh karena itu, ikan ini sering diberikan makanan yang berasal dari sumber hewani. Selain pemberian makanan tersebut, Anda juga dapat memberikan pelet yang dibuat khusus untuk ikan jenis Cichlids agar kebutuhan gizinya lebih terpenuhi.

Golden Oscar
 

Setiap ikan yang berwarna pasti memiliki pigmen warna sehingga sisiknya terlihat indah. Pigmen pada ikan tersimpan pada lapisan luar tubuh seperti sisik dan kulit. Pigmen ini dapat bertambah ataupun berkurang tergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsinya.

Baca juga : Botia, Ikan Hias Air Tawar Eksotik dari Perairan Sumatera dan Kalimantan yang Terancam Punah

Perubahan warna pada ikan oscar juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Perubahan warna ikan oscar terjadi seiring dengan pertambahan usianya. Semakin tua, dengan asupan nutrisi yang mencukupi, sisik ikan oscar akan terlihat semakin cerah.

Green Oscar
 

Struktur tubuh ikan oscar dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu caput, truncus, dan caudal. Seluruh tubuhnya dilindungi oleh sisik bertipe ctenoid dengan warna bervariasi. Ikan ini memiliki linea lateralis berbentuk lurus ke belakang dengan alat gerak berupa sirip.

Sirip atau pinna ikan oscar terletak di beberapa bagian, meliputi bagian dorsal, pectoral, ventral, annal, hingga caudal. Membahas mengenai caudal, ikan oscar masuk dalam tipe protocercal karena memiliki bentuk caudal tumpul.

Tiger Oscar
 

Ikan ini bernapas menggunakan insang seperti sebagian besar jenis ikan lain. Insang tersebut dilindungi oleh operculum. Tipe mulutnya terminal atau terletak di antara dorsal dan ventral pada bagian anterior. Ikan oscar memiliki anus sebagai alat pengeluaran zat-zat sisa dan yang tidak diperlukan tubuh.

Ikan oscar mempunyai bentuk dan warna tubuh yang sangat menarik. Sebagian besar jenisnya berwarna kehitaman dengan motif berwarna kuning kemerahan. Umumnya, ikan ini berwarna gelap dengan bintik kuning berbentuk cincin atau ocelli pada bagian batang ekor dan sirip dorsal.

Long Finned Oscar
 

Ikan oscar mempunyai kemampuan untuk mengubah warnanya dengan cepat. Hal ini menjadi salah satu karakter yang mendukung perilaku teritorial antar individu sejenis. Pada dasarnya, oscar remaja memiliki warna tubuh yang berbeda dengan oscar dewasa. Pada tubuh oscar remaja terdapat garis dengan pita bergelombang putih dan oranye di seluruh tubuh hingga kepala.

Ada beberapa jenis ikan oscar yang populer di kalangan hobies. Diantaranya Albino Oscar, Black Oscar, Blue Oscar, Copper Oscar, Fire Red Oscar, Florida Oscar, Golden Oscar, Green Oscar, Lemon Oscar, Oscar Batik, Super Red Chilli Oscar, Tiger Oscar, Veil Tail Oscar, Wild Oscar, dan White Oscar. (Ramlee)



Sumber : remen.id

Ikan Oscar, Ikan Hias Air Tawar Ganas yang Rupawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...