Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Rabu, 24 April 2024

Oranda, Jenis Ikan Mas Koki yang Unik



Ikan oranda atau ikan penser adalah jenis ikan mas koki yang memiliki keunikan tersendiri. Orang Jepang menyebut ikan ini dengan nama shishigasira. Oranda adalah salah satu variasi dari ikan mas koki (Carassius auratus) yang berasal dari Cina.

Keistimewaan utama ikan mas koki oranda adalah pesona visualnya. Jambulnya yang indah dan berwarna-warni menjadi daya tarik utama bagi para penggemar ikan hias. Ikan ini punya banyak variasi warna yang membuatnya menjadi begitu menawan.

Popularitasnya telah menyebar ke seluruh dunia, membuat oranda menjadi salah satu ikan hias yang paling dicari dan diminati. Jika dibandingkan ikan mas koki lainnya, oranda adalah jenis yang paling terkenal di seluruh dunia. Peminatnya sangat banyak sehingga harganya relatif mahal.

Veiltail goldfish
 

Habitat asli ikan mas koki oranda ada di negara China dan Jepang. Namun, ikan mas koki jenis oranda sudah bisa ditemukan di Indonesia. Ini karena sudah banyak yang mulai membudidayakan ikan mas koki jenis ini.

Baca juga : Ikan Komet, Ikan Hias Unik dan Cantik Kerabat Dekat Ikan Koki

Ikan mas koki oranda lahir dari hasil persilangan antara jenis ikan mas koki yang ada yakni, Tosa (Veiltail goldfish) dengan ikan mas koki Lion Head. Dari perpaduan kedua jenis tersebut maka terciptalah ikan mas koki oranda ini.

Lion head goldfish
 

Ciri khas utama pada ikan mas koki oranda adalah adanya jambul atau benjolan pada kepalanya yang mempesona. Menggembungnya bagian kepala seperti gumpalan buah rasberry. Gumpalan atau jambul itu terkadang menutupi mata dan mukanya.
 
Jambul ini sebenarnya muncul karena pertumbuhan daging di kepala ikan yang terlihat seperti tudung atau mahkota. Jambul tersebut akan tumbuh seiring bertambahnya usia ikan dengan variasi bentuk yang sangat beragam mulai dari yang berukuran kecil hingga yang sangat besar menutupi sebagian besar kepala ikan tersebut.

Jambul di atas kepala ikan mas koki oranda membuatnya mempesona
 

Jambul tersebut di dalamnya berisi daging serta cairan yang dinamakan “wen”. “Wen” akan muncul pada ikan mas koki oranda di usia 3-4 bulan dan akan terlihat sempurna pada usia 2-2,5 tahun. Jika jambul sudah mulai sempurna maka akan lebih terlihat menarik dan indah dilihat.

Baca juga : Glofish, Ikan Hasil Rekayasa Genetika yang Kian Populer

Jambul ini menjadikan ikan mas koki oranda punya karakteristik tersendiri dan menjadikannya unik. Namun, daging yang ada pada jambul tersebut rentan terkena jamur dan bakteri sehingga harus hati-hati dalam merawatnya.

Black oranda
 

Ciri lain ikan ini adalah sisiknya yang berkilauan. Sirip ekornya sangat panjang, bisa mencapai 4 kali lebih panjang dari tubuhnya sendiri. Saat oranda berenang, ekornya terlihat indah melambai-lambai. Ikan mas koki oranda bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm.

Bentuk tubuhnya bulat dan besar. Sirip dan ekornya diciptakan berpasangan, kecuali sirip punggung hanya ada satu. Keindahan lain dari ikan oranda ialah ekor dan siripnya akan mengembang layaknya bunga mekar saat mereka berhenti berenang. Oleh karena itu, orang China menyebutnya mao tze yang berarti “bunga air”.

Blue oranda
 

Ikan mas koki oranda memiliki warna yang bervariasi. Beberapa warna yang umum ditemukan pada ikan mas koki oranda antara lain, ada merah kombinasi putih, hitam, cokelat, dan belacu. Bahkan saat ini ada yang membudidayakan dengan warna biru, tetapi masih sangat jarang ditemui.

Baca juga : Molly, Ikan hias Air Tawar Sudah Sejak Lama Digandrungi Hobis

Perpaduan warna pada ikan mas koki oranda cukup menakjubkan. Kombinasi warna beragam membuatnya punya tampilan yang unik. Ikan mas koki oranda yang berwarna hitam inilah yang bisa dibilang sangat mirip dengan ikan mas koki jenis lion head.

Tri color oranda
 

Ikan mas koki oranda meskipun mempunyai penampilan yang memukau, namun memerlukan perawatan khusus dan telaten untuk memastikan kesehatan dan keindahannya agar tetap terjaga. Jambul yang indah membuatnya memerlukan perhatian ekstra, karena mudah terluka atau rusak jika tidak diperhatikan secara khusus.

Untuk merawatnya dengan tepat, diperlukan akuarium yang sesuai dengan ukuran yang memadai serta memiliki sistem filtrasi yang baik untuk menjaga kualitas air secara optimal. Tidak hanya soal akuarium saja, tetapi pemberian dan jenis makanan juga harus diperhatikan.

Oranda membutuhkan kualitas air yang optimal
 

Karena berperan penting dalam menjaga kesehatan oranda. Diet seimbang yang dilakukan mencakup jenis pakan berkualitas tinggi, seperti pelet khusus ikan mas koki dan makanan tambahan seperti sayuran tentu akan membantu ikan tetap sehat dan warnanya tetap cerah. (Ramlee)


Sumber : remen.id

Oranda, Ikan Mas Koki Berjambul yang Menawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...