Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 18 April 2023

Apotek Hidup, Taman yang Menyediakan Berbagai Jenis Tanaman Obat



Apotek hidup adalah pemanfaatan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umum diketahui, bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. 

Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. Itulah sebabnya sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat-obat tradisional.

Tersedianya tanaman obat di pekaraangan rumah yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit, tentu hal menyenangkan, karena tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya.

Memanfaatkan lahan kosong di samping rumah

Yang jelas, tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Selain itu tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya, sehingga tidak perlu memberikan pestisida.

Jika selama ini halaman rumah dibiarkan kosong begitu saja? Mungkin sekarang saatnya bisa mengisinya sebagai lahan untuk dijadikan sebagai apotek hidup. Dengan adanya lahan tanaman apotek hidup tersebut, nantinya akan menjadi lebih banyak manfaat.


Pengertian Apotek Hidup

Apotek hidup memanfaatkan sebagian tanah yang ada di pekarangan rumah untuk ditanami tanaman obat-obatan sebagai obat alami apabila ada anggota keluarga atau tetangga rumah yang sakit. Bisa dibilang, masyarakat Indonesia sangat menyukai obat-obatan tradisional atau obat herbal.

Baca juga : Budidaya Jambu Biji Kristal Mempunyai Potensi yang Bagus

Istilah apotek hidup merupakan istilah yang selama ini sering kali kita dengar. Istilah ini merujuk pada tumbuhan yang sengaja ditanam oleh orang yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tanaman apotek hidup bukan sembarang tumbuhan penghias saja, tentu saja ragam jenis yang dipilih menjadi tanaman apotek hidup adalah tumbuhan yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Pemahaman Apotek Hidup diberikan sejak dini

Masyarakat di tanah air percaya, obat-obatan tradisional lebih aman karena berasal dari bahan yang alami. Selain itu, obat herbal ini juga dipercaya mempunyai efek samping yang lebih sedikit jika dibanding dengan obat-obatan yang diproduksi pabrik farmasi.


Baca juga : Ciplukan, si Mungil Liar yang Kaya Manfaat

Bukan hanya itu saja, banyak tanaman obat yang tampilannya cantik dipandang oleh mata, sehingga dapat juga sekaligus menjadi tanaman hias. Jadi selain bisa berfungsi sebagai tanaman hias sekaligus apotek hidup.

Manfaat dan Fungsi Apotek Hidup

Menanam berbagai tanaman di sekitar rumah memiliki banyak manfaat, apalagi jika kandungan yang ada dalam tanaman tersebut mempunyai khasiat tersendiri seperti halnya apotek hidup. Berbagai masalah pada kesehatan kita dan keluarga dapat diatasi dengan mudah dan efektif. Lalu, apa sih manfaat dari apotek hidup? Berikut manfaatnya, di antaranya yaitu:

•    Memperbaiki kualitas sirkulasi udara di rumah dan sekitarnya
•    Mempercantik pekarangan rumah yang kosong saat dipandang
•    Membantu mengatasi berbagai persoalan penyakit ringan hingga penyakit berat seperti mencegah komplikasi penyakit kronis yang diderita oleh anggota keluarga
•    Menghemat biaya berobat ke rumah sakit
•    Melestarikan tanaman
•    Bermanfaat saat dalam darurat ketika membutuhkan obat, dll

Baca juga : Tempuyung, Tanaman Liar yang Berkhasiat Obat


Fungsi Apotek Hidup

Setelah manfaat, apa sih fungsi apotek hidup bagi kesehatan manusia? Apotek hidup berfungsi untuk manusia sebagai berikut, diantaranya yaitu:

•    Mempunyai obat yang dapat diracik sendiri jika terkena penyakit
•    Obat yang digunakan adalah obat alami, sehingga resiko atau efek samping yang lebih kecil dibandingkan obat di apotek biasa
•    Ada persediaan rempah untuk memasak. Secara umum, obat tradisional merupakan tanaman yang biasa digunakan untuk memasak, seperti jahe, kunyit, dan serai
•    Mencegah hama dan serangga yang datang ke rumah karena tanaman obat merupakan pestisida alami
•    Bisa menjadi tanaman hias

Demikian sedikit tentang Apotek Hidup, semoga bermanfat. (Ramlee)


Sumber : remen.id

Mengenal Apa Itu Apotek Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...