Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 04 April 2023

Rosella Tanaman Herbal Penuh Khasiat






Bunga Rosella, nama latinnya Hibiscus sabdariffa Linn merupakan herba yang viral karena manfaatnya yang sangat fantastis. Sebelumnya, bunga ini hanya diketahui sebagai tanaman liar yang berbentuk semak belukar. Bunga Rosella atau sering juga dikenal dengan bunga asam paya, asam kumbang dan asam susur, merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika.

Di Indonesia tanaman ini pada mulanya dijadikan sebagai tanaman bunga untuk dijadikan sebagai penghias halaman rumah, namun seiring dengan banyaknya informasi yang didapatkan selanjutnya bunga Rosella juga digunakan sebagai minuman hangat di musim dingin dan dan minuman dingin dimusim panas.

Sedangkan di negeri asalnya, Afrika, Rosella dijadikan sebagai selai atau jeli. Selain itu didapat dari serat yang terkandung dalam kelopak Rosella, sementara di Jamaika tanaman Rosella dibuat sebagai salad buah yang dimakan mentah.

Rumpun tanaman bunga Rosella

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 0,5—3 meter. Batang tanaman bulat, tegak, berkayu, dan berwarna merah. Daun tanaman tunggal, berbentuk bulat telur, pertulangan menjari, bagian ujungnya tumpul, di bagian tepinya bergerigi, dan bagian pangkal berlekuk.

Bunga Rosella keluar dari bagian ketiak daun dan merupakan bunga tunggal karena pada setiap tangkainya hanya bisa menghasilkan satu bunga. Bunga memiliki 8—11 kelopak yang berbulu dan panjangnya hanya sekitar 1 cm. Bisa dimakan langsung kelopak bunga tersebut, rasanya asam, sedikit manis, dan menyegarkan.

Baca juga : Jambu Kristal, Jambu Biji Tanpa Biji yang Memiliki Beragam Manfaat

Bagian kelopak memang merupakan bagian yang dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi bahan makanan dan minuman seperti teh. Di India, kelopak Rosella yang masih segar digunakan sebagai pewarna dan perasa dalam membuat berbagai jenis makanan seperti jelly, sirup, gelatin, minuman segar, puding, dan cake. Kelopak bunga juga sering digunakan sebagai hiasan makanan karena memiliki bentuk serta warna yang cantik.

Bunga ini mengandung campuran asam sitrat dan asam malat sekitar 13 persen, anthocyanin seperti gossipetin dan hibiscin 2 persen, vitamin C 14 mg/100 gram, beta karoten 285 mg/100 gram, dan serat 2,5 persen.

Bunga Rosella tumbuh subur

Hibiscin merupakan pigmen utama yang terkandung di dalam kelopak bunga. Rosella memang terkenal sebagai sumber vitamin C yang baik bagi tubuh sehingga bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit dan daya tahan tubuh.

Pada umumnya, bunga Rosella dinikmati dalam bentuk teh. Manfaat teh Rosella ini dapat disajikan hangat maupun dingin. Selain dibuat teh, manfaat rosella merah bisa dinikmati dalam bentuk olahan lain seperti salad, selai, dan lainnya.

Hasil panenan bunga Rosella

Manfaat Bunga Rosella

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bunga rosella untuk kesehatan.

1. Pengobatan Hipertensi (Darah Tinggi)

Dengan mengkomsumsi ekstrak kelopak rosella yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama sekitar 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captropil 50mg/hari.

Baca juga : Blewah, Buah Populer Saat Ramadhan yang Menyegarkan dan Kaya Betakaroten

Untuk pengobatan hipertensi dibutuhkan sekitar 10gram kelopak kering rosella dan penambahan 0,52 liter air. Mampu menurunkan tekanan daran sistolik sebesar 11,2% dan tekana diastolik sebesar 10,7% setelah diberikan terapi teh rosella selama 12 hari.

2. Pengobatan Asam Urat dan Kesehatan Ginjal

Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh.

Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari.

Bunga Rosella yang telah dikeringkan dan dikemas siap dipasarkan

3. Diet Alami

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada bunga Rosella ini mampu membantu tubuh untuk melepaskan lemak dan kolestrol. Untuk yang sedang ingin menurunkan berat badan, teh Rosella merupakan salah satu solusi sempurna yang dapat dicoba.

Baca juga : Ketumbar Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan mengkonsumsi teh bunga Rosella pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini untuk memperkuat metabolisme tubuh, sehingga bisa berdampak positif pada usaha untuk memiliki tubuh ideal.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan zat akatif yang terdapat pada teh bunga Rosella berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kekebalan tubuh yang baik akan membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit dan virus yang dapat menyerang tubuh. Selain mengkomsumsi teh bunga Rosella tentu juga diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk membuat sistem kekebalan tubuh meningkat secara bertahap.

Sajian minuman dari bunga Rosella yang menyegarkan

5. Sumber Antioksidan

Pada kelopak bunga Rosella pula memiliki kandungan senyawa fenolik. Kandungan antioksidan yang terdapat pada bunga Rosella 2 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tanaman kumis kucing. Selain memiliki antioksdian yang tinggi bunga Rosella pula mengandung senyawa lain seperti antosianin dan gossipetin. Kedua zat tersebut mampu menambah daya tahan tubuh serta mencegah serangan penyakit seperti gejala diapetes, gelaja penyakit jantung dan gelaja kanker.

6. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga Rosella juga mempunyai kandungan seperti kalsium, kalium, vitamin D dan zat besi. Kandungan zat tersebut mampu membantu mencegah pengeroposan tulang.

7. Melancarkan Buang Air

Bunga Rosella bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Ini karena bunga rosella memiliki kandungan serat yang tinggi oleh karena itulah dengan mengkomsumsi bunga Rosella secara teratur mampu melancarkan buang air. (Ramlee)



Sumber : remen.id

Mengenal Tanaman Liar Bunga Rossela Kaya Manfaat untuk Kesehatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...