Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Jumat, 07 Juli 2023

Adu Gengsi dan Kualitas di Liga Puter Jawa Timur 2023 Putaran 2 di Bondowoso, Gelaran Piala Gerbong Maut Buat yang Bernyali



Liga Puter Jawa Timur 2023 akan segera berputar kembali. Setelah hampir empat bulan libur tanpa ada kegiatan. Agenda terakhir Liga Puter Jawa Timur 2023 putaran pertama berlangsung pada 12 Maret 2023 di Gantangan Arsy BF, Parsanga-Sumenep. Gelaran berikutnya rencananya akan dihelat pada 9 Juli 2023 di Gantangan Gerbong Maut Pemkab Bondowoso.

Sedianyanya jadwal Liga Puter Jawa Timur 2023 putaran ke-2 dilangsungkan pada bulan Juni, namun pihak panitia dalam hal ini Pengcab PPPPSI Bondowoso baru siap pada bulan Juli. Seperti gelaran-gelaran lomba yang diselenggarakan oleh Pengcab Bondowoso bakal dilangsungkan di base camp mereka.

Sudah beberapa waktu yang lalu, Pengcab Bondowoso mempunyai gantangan sendiri yang dibangun oleh Pemerintah Kab. Bondowoso di Pasar Hewan Terpadu Selolembu, Kec Curahdami-Bondowoso. Sebuah tempat yang diresmikan pada awal tahun 2021, namun sayang sampai saat ini sepi dengan aktivitas seperti yang diharapkan.

Jawara Liga Puter Jawa Timur 2022
 

Pembangunan gantangan tersebut salah satu upaya Pemkab Bondowoso untuk menghidupkan kembali aktivitas di Pasar Hewan Terpadu Ds. Selolembu. Ini dikarenakan tempatnya yang dirasa tidak strategis. Padahal segala fasilitas telah tersedia.

Pengcab PPPPSI Bondowoso merasa perlu waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya, agar gelaran Liga Puter Jawa Timur 2023 ini berjalan lancar dan sukses. Memang tidak mudah menyelenggarakan event besar di tengah kelesuan yang tengah melanda hampir semua aktivitas hobi tersebut.

Dengan jedah waktu yang sangat panjang memberikan waktu yang cukup bagi semua puter pelung mania untuk melakukan persiapan menjelang putaran berikutnya. Diharapkan ketika pagelaran akbar kembali digeber, jawara-jawara puter pelung bisa langsung tancap gas dengan performa apiknya.

H. Ichwanto (kanan) beserta pengurus PPPPSI Bondowoso begitu bersemangat menyemarakkan hobi
 

Kesempatan ini tampaknya bakal kembali menjadi pembuktian seru bagi setiap puter pelung mania. Mereka yang sudah memiliki poin di Klasemen Sementara Liga puter Jawa Timur 2023, akan berupaya menambah poin untuk mengamankan posisi yang sudah terkumpul pada putaran pertama kemarin.

Bagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan menang, maka inilah saat yang tepat untuk mengejar ketertinggalannya dari peserta lain. Paling tidak bisa membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dengan jawara-jawara puter pelung terbaik Jawa Timur saat ini.

Kesempatan untuk menorehkan prestasi dan kebanggaan menjadi yang terbaik sesuai dengan harapannya selama ini. Karena memang Liga Puter Jawa Timur telah menjadi ajang sangat bergengsi yang selama ini telah melahirkan beberapa jawara puter pelung terbaik di tanah air.

Liga Puter Jawa Timur 2023 yang rencananya akan berputar sebanyak lima putaran. LPJT bukan semata-mata hanya menjadi ajang milik puter pelung mania di Jawa Timur saja. Kesempatan ini diperuntukan bagi seluruh puter pelung mania yang memiliki nyali dan semangat untuk hadir dan ikut menyemarakkan event bergengsi milik Pengda Jawa Timur tersebut.

Gantangan Gerbong Maut tempat Pengcab Bondowoso menggelar semua event lombanya
 

H. Harnadi selaku Ketua II Bidang Lomba Pengda PPPPSI Jawa Timur, mengaku bahwa LPJT ini bebas dan terbuka untuk siapa saja. “Liga Puter Jawa Timur bukan saja milik puter pelung mania di Jawa Timur, tetapi bisa juga diikuti oleh siapapun dan dari manapun.,” terang H. Harnadi

“Kami persilahkan para mania dari mana saja untuk mendaftar, karena kami tidak akan membatasi peserta hanya dari Jawa Timur saja. Silahkan hadir dan ikuti bagi mereka yang ingin merasakan sensasi event ini,” sambung H. Harnadi.

Ditambahkan oleh H. Harnadi, bahwa Liga Puter Jawa Timur 2023 akan digelar bergilir di seluruh Pengcab yang ada di Jawa Timur, sebanyak lima putaran. Daerah yang akan menggelar setiap putarannya juga sudah disiapkan. Diawali dari Pengcab Sumenep sebagai pembuka acara LPJT 2023, kemudian berlanjut ke daerah lain.

H. Alif mengantarkan Ke’Lesap jadi kampiun di kelas Utama pada putaran pertama di Sumenep
 

Seperti liga-liga yang sudah pernah tergelar, Liga Puter Jawa Timur 2023 ini juga akan menentukan burung terbaik lewat poin yang akan diberikan kepada 10 peraih podium barisan paling depan di masing-masing kelas. Ada empat kelas yang dilombakan yakni kelas Utama, Madya, Pemula, dan Ring Pendamping PPPPSI.

Akumulasi poin inilah yang akan mengantarkan dan memastikan para jawara menuju jalan kemenangan. Penghitungan poin akan berakhir di putaran kelima, seluruh poin yang sudah diraih dan menjadi hak peserta akan diakumulasi, untuk menentukan juara umumnya di masing-masing kelas.

Untuk Liga Puter Jawa Timur tahun ini akan memberlakukan pengurangan poin bagi peserta yang sudah memperoleh poin di putaran sebelumnya namun tidak mengikuti putaran berikutnya. Dengan demikian persaingan menjadi juara umum di putaran akhir akan berjalan semakin seru. Penghitungan poinnya juga sedikit berubah dari gelaran tahun-tahun sebelumnya.

Di seri pertama, untuk kelas Utama jawara puter pelung dimotori Ke’Lesap yang diusung oleh Trisna Wijaya dari Jakarta, langsung ngejoss dan berhasil menguasai tiga besar. Di kelas Madya podium juara juga masih burung andalan Trisna Wijaya, lewat Sandur Madura. Untuk Ke’Lesap sendiri saat ini tengah on fire setelah tampil juara di Liga Puter Pelung Solo Raya 2023 putaran 3 dan 4.

 


Sedangkan untuk kelas Pemula, nama Sekar Celet amunisi H. Madrion mampu melejit di posisi terdepan. Sedangkan di kelas ring pendamping PPPPSI, posisi teratas diisi oleh Fino milik Polalo dari Sumenep. Masih terlalu awal untuk memprediksi siapa yang bakal menjadi juara umum Liga Puter Jawa Timur 2023.

Liga Puter Jawa Timur 2023, digelar hanya buat puter pelung mania sejati. Kesempatan bagi seorang fighter yang bernyali tinggi untuk memamerkan kualitas gaco-gaco yang dimilikinya. Membuktikan pada masyarakat pecinta puter pelung Indonesia, bahwa orbitannya layak dan patut menyandang predikat sebagai jawara. (Ramlee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...