Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 25 Juli 2023

Plum, Buah dengan Kandungan Nutrisi yang Melimpah




Buah plum dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan buah prem. Plum adalah flora dari sub genus Prunus, yaitu masih satu keluarga dengan buah ceri dan peach. Tingkat konsumsi buah plum di Indonesia tidak sebanyak di negara lain, padahal buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Buah plum diduga menjadi buah pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Sebab tiga kultivar utama pohon plum tidak bisa ditemukan di alam liar, melainkan hanya ditemukan di tempat yang telah dikelola oleh pembudidaya.

Jenis Prunus domestica dipercaya berasal dari Eropa Timur dan pegunungan Kaukasia. Sementara jenis Prunus salicina dan Prunus simonii berasal dari Asia. Penemuan fosil buah plum berasal dari masa Neolitikum. Masa dan tempat arkeologisnya sama dengan penemuan buah zaitun, anggur, dan buah ara. Para peneliti sepakat jika tumbuhan plum diperkirakan berasal dari Iran.

Pohon plum yang tengah berbuah lebat

Nama “plum” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris kuno, yaitu plume. Kata plume kemungkinan berasal dari bahasa Jerman yang digunakan pada masa lalu dan juga dari bahasa Latin “prünum” dari masa Yunani Kuno.

Baca juga : Srikaya, Buah Kaya Manfaat

Pada akhir abad ke-18, kata “plum” digunakan untuk menggambarkan “sesuatu yang menggiurkan”, mengarah pada buah-buah kecil sebagai makanan penutup. Saat ini buah plum telah dibudidayakan dan berkembang menjadi berbagai macam kultivar.

Seekor lebah sedang menyerbuki bunga plum Victoria

Pohon plum yang banyak dibudidayakan saat ini mempunyai ukuran medium. Biasanya tumbuh sekitar 5 sampai 6 meter. Batang pohonnya mempunyai tingkat kekerasan sedang. Jika tidak dipangkas dan dibiarkan tumbuh liar, pertumbuhan pohon plum dapat mencapai tinggi 12 meter dan lebarnya mencapai 10 meter.

Buah plum termasuk buah berukuran sedang, diameternya sekitar 2 cm sampai 7 cm. Bentuk buahnya bulat, namun ada beberapa varian yang berbentuk oval. Rasa dagingnya agak asam dan mengandung banyak air.

Buah plum Damson

Kulit buahnya lembut serta terdapat lapisan lilin alami pada permukaan yang melekat pada daging buah. Plum memiliki biji yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman. Jika ingin menanam pohon plum di pekarangan rumah, bisa dengan cara menebar biji buah tersebut.

Pohon plum mempunyai bunga yang akan mekar di awal musim semi. Ketika sedang berbunga, pohonnya akan tertutupi oleh bunga. Sekitar 50% dari bunga yang tumbuh akan mengalami penyerbukan dan kemudian menjadi buah plum.

Buah plum Greengage

Pohon plum pada umumnya tidak bisa tumbuh di kawasan yang terlalu kering. Pada iklim yang sangat kering, pohon plum tidak akan berkembang. Pohon bisa saja berbuah, namun buahnya akan jatuh saat masih muda. Sedangkan jika ditanam di iklim yang terlalu basah juga tidak baik bagi perkembangan pohon plum. Sebab buah plum berpotensi besar membusuk secara cepat.

Baca juga : Beligo, Tanaman Unik yang Berkhasiat Obat

Pohon plum akan berbuah pada bulan yang berbeda-beda, tergantung tempat menanamnya. Misalnya di Taiwan, pohon plum akan berbuah di bulan Januari, sementara di Inggris pada bulan April awal.

Buah plum Mirabelle

Rasa buahnya cukup manis dan agak asam. Buah plum sangat lezat disantap ketika masih segar. Banyak juga yang menjadikannya sebagai minuman karena buahnya banyak mengandung air.

Buah plum memang belum setenar anggur hingga buah kiwi. Padahal secara kandungannya terdapat berbagai nutrisi besar, termasuk protein, mineral, dan zat besi. Nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan dan kulit maupun kecantikan rambut.

Buah plum Satsuma

Buah plum sendiri pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu di Cina yang kemudian diperkenalkan di Jepang. Buah plum yang berbentuk bulat itu mulai dibudidayakan di Eropa dan Amerika. Dan kini telah terdapat 2.000 varietas yang tersebar di seluruh dunia.

Selain terdapat berbagai nutrisi, protein, buah plum juga mengandung vitamin A, C dan serat makanan sehingga kaya antioksidan. Tidak hanya itu, plum juga mengandung niacin, karbohidrat, dan asam pantotenat yang memiliki keajaiban untuk tubuh.

Buah plum Victoria

Dari berbagai kandungan yang terdapat pada buah plum, tentu memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Diantaranya, menjaga kesehatan otak, melalui kandungan nutrisi antioksidan, anthocyanin, dan quercetin. Nutrisi tersebut dapat membantu kesehatan otak dan mampu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer seiring dengan usia.

Baca juga : Mengkudu, Salah Satu Tanaman Obat yang Dipercaya Memiliki Banyak Khasiat

Mengatur tekanan darah, kandungan nutrisi berupa kalium dapat mengatur tekanan darah dengan membantu tubuh membuang natrium saat buang air kecil dan juga mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Sehingga buah plum dapat mengurangi risiko stroke dan menurunkan penyakit kardiovaskular.

Buah plum Yellowgage

Mengkomsumsi buah plum dapat meningkatkan kesehatan tulang, dan antioksidan yang terdapat pada buah plum dapat mengurangi risiko penyakit osteoporosis dan osteopenia akibat dari penurunan kepadatan tulang, Karena kandungan boron yang terdapat pada buah plum kering dapat memperpanjang daya tahan dari vitamin sekaligus estrogen di dalam tubuh.

Banyak sekali kandungan gizi dari buah plum kering, sebut saja ada magnesium, vitamin K, kalium, hingga antioksidan yang berperan untuk melindungi tulang terutama dari ancaman radikal bebas.

Buah plum kering

Mengatasi Sembelit, buah plum mengandung gula alkohol yang bisa menjadi obat pencahar alami. Dan serat yang terdapat pada buah plum juga dapat mencegah sembelit dan mempercepat laju kotoran melalui saluran pencernaan.

Mengatasi kerontokan rambut, buah plum dapat mengurangi produksi hormon kortisol sebagai penyebab rambut rontok. Dengan berkurangnya hormon tersebut, maka dapat memaksimalkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. (Ramlee)



Sumber : remen.id

Plum, Buah yang Mengandung Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...