Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 29 Juli 2023

Aquascape, Seni Dekorassi Ekosistem Alami Dalam Akuarium

 



Memelihara ikan hias sudah menjadi trend dan hobi yang tidak ada matinya di kalangan masyarakat. Namun kini ada yang jauh lebih unik dan cantik dari hanya sekedar ikan hias di dalam aquarium, yakni aquascape.

Tetapi tidak banyak yang tahu tentang aquascape ini. Aquascape adalah menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar, kegiatan ini bisa dikatakan sebuah karya seni.

Aquascape juga dapat disebut sebagai ilmu penataan akuarium yang dapat mendatangkan nilai tambah serta kepuasan batin yang tinggi. Terkadang, ada hewan peliharaan ikan kecil (namun banyak juga yang tidak memasukan peliharaannya). Aquascape ini bisa dikatakan membuat miniatur ekosistem air tawar dengan detail seperti di habitat aslinya.

Jadi pada aquascape diatur penggunaan tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik. Berbentuk kotak kaca mau pun bentuk lainnya yang serupa akuarium. Aquascape tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian.

Indahnya penampilan aquascape
 

Berbeda dengan akuarium biasa, objek-objek dalam aquascape ditata sedemikian rupa sehingga membentuk satu keindahan. Objek yang biasanya digunakan dalam aquascape meliputi bebatuan, karang, kayu, dan ornamen lainnya. Sehingga tidak hanya fokus merawat ikan saja, melainkan juga seluruh objek dalam aquarium.

Baca juga : Ikan Mas Koki, Ikan hias Peliharaan Sejak Dahulu

Aquascape bisa juga digolongkan sebagai sebuah kegemaran atau hobi. Hobi memelihara ekosistem air tawar pada media akuarium. Memelihara ekosistem air tawar pada akuarium dikenal dengan istilah aquascape sedangkan ekosistem air laut disebut oceanirum.

Aquascape semakin diminati masyarakat
 

Pembuatan Aquascape sebenarnya sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Hanya saja saat itu media Aquascape menggunakan wadah seperti mangkuk dari tanah liat atau batu. Kemudian pada tahun 1369, seorang kaisar China membuat wadah berbentuk mangkuk berbahan porselen yang diisi ikan Mas.

Kemudian di tahun 1836 seorang ahli botani, Dr. Nathaniel Bagshaw, berinovasi dengan membuat wadah kotak dengan isi hewan air dan tumbuhan tropis yang diberi nama Wardian Case. Bentuknya yang kompak, membuat Wardian Case menjadi sangat popular karena mudah dibawa kemana-mana.

Salah satu jenis tanaman untuk aquascape
 

Case/kotak wardian pada saat itu menjadi populer dan sangat efektif mudah dibawa kemana-mana yang menjadi suatu inovasi awal sejarah aquascape. Seiring perkembangan zaman, dimana diperkenalkan design dengan bahan pada semua dinding dan dasarnya terbuat dari bahan kaca dan bagian rangka terbuat dari logam.

Baca juga : Ramirezi, Ikan Bandel dari Amerika Latin Paling Cocok Buat Pemula

Aquascape masuk ke Indonesia pada tahun 1993 yang awal mula diperkenalkan oleh Benny. Lalu mulai menyebar di berbagai kalangan dan berkembang menjadi sebuah komunitas hobi yang memanfaatkan keindahan dan kombinasi air. Terkadang menjadi ajang kompetisi baik itu nasional atau international.

Para dekorator sedang seting aquascape
 

Semakin maju perkembangan, maka aquascape layaknya sebuah karya seni juga memunculkan semakin banyaknya berbagai aliran cara menata aquascape itu sendiri. Paling tidak ada beberapa aliran yang dikenal saat ini, yakni gaya Iwagumi, gaya Belanda, gaya Taiwan, gaya Collectoris, dan gaya Alami.

Baca juga : Molly, Ikan hias Air Tawar Sudah Sejak Lama Digandrungi Hobis

Aquascape terdiri dari dua komponen utama yaitu, komponen biologis dan komponen non-biologis. Kedua komponen tersebut ditata dan diatur dengan sedemikian rupa agar menjadi sebuah ekosistem aquatic sederhana yang terjadi di dalam aquarium.

Kontes aquascape
 

Kini semakin banyaknya pecinta dan penikmat seni menghias tanaman di dalam air tersebut. Para penghobi tersebut membentuk komunitas-komunitas yang berisi penggemar aquascape. Mereka berkomunikasi satu sama lain melalui komunitas, utamanya menyangkut ketrampilan pembuatan aquascape.

Bahkan keterampilan membuat ekosistem air tawar di dalam aquarium ini pun kini dikompetisikan. Melalui kompetisi itu, silaturahmi antar pecinta Aquascape pun terus terjalin dan ide seni menghias tanaman di dalam air pun terus berkembang. (Ramlee)

 



Sumber : remen.id

Mengenal Aquascape, Seni Ketrampilan Penataan Miniatur Ekosistem Air yang Menawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...