Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Jumat, 28 Juli 2023

Manfaat Menakjubkan untuk Kesehatan dari Daun Jambu Biji



Tanaman jambu biji ternyata tidak hanya bisa dikonsumsi buahnya saja. Daunnya pun punya banyak kegunaan. Daun jambu kaya akan kandungan antioksidan dan nutrisi. Maka dari itu, daun jambu juga sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional di Indonesia, Jepang, China, Meksiko, dan India.

Daun jambu biji sebenarnya sudah sejak lama diketahui manfaatnya dan digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Biasanya daun jambu akan direbus menjadi teh. Seperti dilansir The Spruce Eats, banyak orang yang meminum teh daun jambu karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi.

Manfaat lainnya juga untuk menurunkan berat badan dan sebagai antioksidan. Teh daun jambu diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi serta polifenol, salah satu jenis antioksidan. Antioksidan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, yang jadi penyebab penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

Pohon jambu biji
 

Bahkan, sudah banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti khasiat daun tanaman ini. Di Mexico dan Amerika Serikat, daun tanaman buah ini sudah digunakan sebagai bahan baku teh selama berabad-abad. Teh daun jambu biji memiliki aroma wangi, mengandung tanin, dan kaya zat anti diare.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada 2008 dengan judul Revisat Do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo menyebutkan, daun jambu biji sangat efektif membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada diare.

Baca juga : Pepaya Wulung, Buah Tropis yang Memiliki Beberapa Kelebihan dari Tanaman Sejenisnya

Di Indonesia, daun tanaman buah ini juga sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun jambu biji mengandung tanin, minyak asiri, minyak lemak, dan minyak malat. Berdasarkan hasil penelitian, daun ini terbukti dapat menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase ataupun DNA polymerase, serta menghambat pertumbuhan virus dengue yang berinti DNA ataupun RNA.

Minuman menyehatkan ini diketahui juga dapat digunakan untuk menghambat enzim alpha-glucosidase. Penghambatan enzim ini bermanfaat untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2.

Daun jambu biji yang masih muda
 

Antioksidan likopen di dalam teh daun jambu bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Terutama kanker payudara, prostat, dan mulut. Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi ini bisa membantu menyembuhkan flu, mengurangi jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

Baca juga : Mahkota Dewa, Buah Simalakama yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Teh daun jambu juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Belum ada bukti lanjutan mengenai klaim daun jambu bisa menurunkan berat badan ini. Namun di Jepang, teh daun jambu digunakan sebagai pencegahan dan perawatan pengidap diabetes.

Rebus daun jambu biji yang masih muda
 

Komponen dalam teh tersebut dipercaya bisa membantu regulasi gula darah setelah makan. Komponen tersebut bisa menghambat penyerapan dua jenis gula, sukrosa dan maltosa. Tidak itu saja, teh daun jambu juga bisa membantu melancarkan peredaran darah.

Teh daun jambu dalam kemasan kini dengan mudah ditemukan di supermarket-supermarket di seluruh Indonesia. Banyak produsen memproduksi teh daun jambu yang praktis dalam bentuk teh celup. Bisa langsung menyeduhnya seperti teh biasa saja. Namun, tidak sedikit masyarakat yang memilih cara tradisional, yakni dengan merebus daun jambu segar yang masih muda pekarangan rumah.

Caranya cukup mudah, seperti dilansir Healthline: Cuci 5-10 daun jambu segar dengan air mengalir hingga kotorannya hilang. Rebus 475 ml air, lalu masukkan daun yang sudah dicuci tadi. Kurangi besaran api, lalu didihkan perlahan dengan api kecil selama 10-12 menit. Angkat rebusan dari kompor, lalu saring ke dalam gelas.

Baca juga : Kecipir, One Species Supermarket yang Hampir Terlupakan

Buang daunnya dan teh daun jambu pun siap dikonsumsi. Kamu bisa meminumnya dalam kondisi dingin atau panas. Rasanya sendiri sedikit mirip dengan teh hijau yang pahit. Teh daun jambu bisa juga dicampurkan dengan madu, peppermint, buah-buahan kering, dan bahan lainnya untuk membantu rasa pahit alaminya.

Air rebusan daun jambu biji siap dinikmati dalam bentuk teh
 

Selain direbus sebagai teh, di Indonesia tepatnya di Kuningan-Jawa Barat, daun jambu juga dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Tepatnya tape ketan yang difermentasikan. Tape ketan yang dibungkus dengan daun jambu biasanya berwarna kuning kehijauan dan punya aroma yang sangat harum. (Ramlee)


Sumber : remen.id

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...