Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Minggu, 30 Juli 2023

Cara Merawat Tanaman Hias agar Tumbuh Sehat



Adanya pandemi Covid-19 membuat tren tanaman hias semakin meningkat. Banyak orang yang kemudian menjadi suka dan hobi merawat tanaman hias di rumahnya. Hobi merawat tanaman hias memang merupakan hobi yang positif, pasalnya melihat tanaman tumbuh dengan baik dan subur akan membuat hati tenang, senang, dan puas.

Stres dan cemas yang timbul ketika mejalani rutinitas sehari-hari dapat diredakan dengan cara merawat tanaman hias, baik outdoor, indoor, gantung, di pot, di rumah, maupun di tempat lainnya. Selain menurunkan stres, tanaman hias yang dipelihara dengan baik dapat menjernihkan lingkungan udara.

Kesehatan tubuh pun akan meningkat karena kualitas udara di sekitar rumah sangat baik. Bahkan beberapa tanaman hias dapat dijual kembali dengan harga yang sangat mahal saat ini. Inilah yang menjadi peluang semakin terbukanya kesempatan untuk ‘cuan’ di ranah tanaman hias. Saat ini semua jenis tanaman hias dapat dengan mudah diperoleh.

Tanaman hias mempercantik teras rumah
 

Tidak hanya mempercantik pemandangan, keindahan dan aroma bunga juga bisa menenangkan pikiran. Agar tanaman tetap berbunga, pastikan kondisi tanaman selalu sehat. Jika tanaman sehat, bunga akan banyak bermekaran menghiasi rumah. Saat sedang mekar, bunga menjadi pemandangan yang disukai banyak orang.

Baca juga : Bunga Mawar Salah Satu Flora Tertua di Dunia

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis bunga apa yang akan dipelihara setidaknya harus mengetahui tentang cara merawat dan memelihara bunga yang akan dipilih tersebut. Bunga hias atau tanaman hias yang akan menghiasi rumah ada dua jenis, yakni tanaman hias outdoor dan indoor.

Bunga Gaillardia, tanaman hias outdoor
 

Kedua jenis tanaman hias ini mempunyai perlakuan yang berbeda. Jangan sampai salah dalam merawatnya. Karena kalau itu yang terjadi bisa-bisa kekecewaaan yang didapat, sebab bisa menimbulkan kematian pada tanaman hias.

Tanaman hias indoor adalah tanaman hias yang ditempatkan dalam ruangan (indoor), selain sebagai hiasan, juga berfungsi sebagai pembersih udara. Tanaman kelompok ini bisa ditempatkan indoor atau dalam ruangan karena kebutuhan cahaya mataharinya tidak langsung dan cukup teduh. Namun, bukan berarti bisa hidup dalam kondisi tanpa cahaya dari luar rumah sama sekali (tidak bisa gelap atau hanya mengandalkan lampu).

Tanaman hias outdoor adalah tanaman hias yang disimpan di luar rumah atau di bagian pekarangan rumah serta tidak terlalu membutuhkan banyak air. Hal ini dilakukan karena tanaman hias outdoor akan lebih bagus dan maksimal dalam pertumbuhannya saat diletakan di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Namun jenis tanaman hias yang biasa ditanam di luar ruangan tidak semuanya tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Lain bunga, lain pula cara perawatannya. Cara merawat bunga kertas atau Bougenville berbeda dengan cara merawat bunga mawar, misalnya. Harus tahu bagaimana cara merawat bunga kertas agar tetap berbunga. Juga jenis-jenis bunga lainnya.

Bunga Geranium, tanaman hias outdoor
 

Secara umum, ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk merawat tanaman bunga agar tumbuh subur.

1. Ketahui kebutuhan cahaya matahari

Pada dasarnya, tanaman butuh cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Dalam merawat bunga, cari tahu berapa kebutuhan sinar matahari untuk tanaman yang ada. Sebagai contoh, kebutuhan cahaya matahari bunga anggrek tidak sama dengan kebutuhan cahaya matahari bunga kamboja. Sejumlah tanaman suka tempat teduh sementara yang lainnya suka tempat panas.

Baca juga : Gerbera, Komoditas Bunga Potong yang Semakin Banyak Peminatnya

2. Cara menyiram bunga

Semua tanaman bunga butuh air. Namun sama dengan cahaya matahari, kebutuhan tiap jenis bunga berbeda-beda. Bunga hortensia butuh banyak sekali air sementara bunga anthurium hanya perlu disiram seminggu dua kali.

Tanaman hias menyegarkan suasana di dalam rumah
 
3. Pemberian pupuk

Cara merawat tanaman bunga yang penting lainnya adalah dengan memberikan pupuk. Sesuaikan kadar pemberian pupuk dengan tanaman bunga yang ada. Penggunaan pupuk yang berlebihan juga bisa merusak tanaman, bahkan bisa membuat tanaman mati.

Baca juga : Bunga Wijaya Kusuma, Queen of The Night yang Anggun dan Eksotis

4. Pilih pot yang sesuai

Jika menanam bunga hias di dalam pot, sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman. Jika tanaman tumbuh semakin besar, pindahkan tanaman ke pot berukuran lebih besar agar tanaman tidak terhambat pertumbuhannya. Sebaiknya dimemilih pot yang terbuat dari bahan alami, misalnya pot dari tanah liat.

5. Pangkas tanaman secara teratur

Pertanyaan-pertanyaan seperti, ‘Mengapa tanaman saya tidak kunjung berbunga?’ atau ‘Bagaimana cara merawat bunga kertas agar tetap berbunga?’ sering terlontar dari mereka yang sedang mencoba menanam bunga hidup.

Jawabannya? Pangkas tanaman secara rutin. Ada dua manfaat memangkas tanaman. Yang pertama adalah untuk merapikan tanaman agar tampak lebih cantik. Untuk tanaman bunga hias, pemangkasan secara teratur perlu dilakukan untuk mengurangi daun atau cabang. Proses pembungaan akan terganggu jika tanaman memiliki terlalu banyak daun dan cabang.

Anthurium, tanaman hias indoor
 
6. Atur jarak tanaman

Menyiram bunga, memberi pupuk, dan memangkas saja tidak cukup. Tanaman bunga hias butuh cukup ruang agar dapat tumbuh dengan baik. Jika menanam tanaman hias di atas tanah tanpa pot, atur jarak tanaman supaya tidak terlalu dekat satu sama lain. Demikian juga untuk peletakan pot bunga. Atur jarak antara pot yang satu dengan pot yang lainnya, dengan jarak minimal satu kali dari besar pot yang digunakan.

Baca juga : Bunga Sedap Malam, si Putih Cantik dengan Segudang Mitos

7. Siangi tanaman dengan teratur

Salah satu cara merawat bunga hidup yang benar adalah dengan melakukan penyiangan. Lama kelamaan akan didapati rumput liar tumbuh di sekitar tanaman hias. Jika memang ditemukan rumput liar, segera siangi karena rumput liar mengambil nutrisi dari tanah yang dibutuhkan tanaman hias. Terlalu banyak rumput liar akan menghambat pertumbuhan tanaman.

 

Philodendron, tanaman hias indoor

8. Pilih tanaman yang cocok hidup di daerah tempat tinggal

Saat memilih bunga hidup untuk ditanam, sebaiknya segera mencari tahu tentang kondisi hidup yang ideal dari jenis bunga tersebut. Sejumlah bunga tidak bisa hidup di daerah panas atau sebaliknya. Oleh sebab itu, pastikan bunga hidup yang dipilih bisa tumbuh dengan iklim dan cuaca di daerah sekitar tempat tinggal.

Terapkan panduan cara merawat bunga hidup ini dan nantikan hasilnya. Saat tanaman bunga bermekaran, tentu akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat menikmatinya. Memutuskan merawat tanaman hias itu bukan soal kemampuan daya beli, tetapi yang lebih penting menjaga tanaman hias tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. (Ramlee)


Sumber : remen.id


Panduan Dasar Cara Merawat Tanaman Hias agar Tumbuh Sehat dan Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...