Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 06 Juni 2023

Tim Penilai Lomba Gotong Royong Pemprov Jatim Nikmati Latber Puter Pelung LPM Kelurahan Mimbaan Bersama Pengcab PPPPSI Situbondo

 


Pengcab PPPPSI Situbondo meramaikan hobi puter pelung dengan gelaran latber puter pelung, pada Selasa 30 Mei 2023. Menempati lokasi di Warung Kebun Mimbaan yang berlokasi di Ayuban Mimbaan, Panji-Situbondo. Acara berlangsung dalam nuansa yang sangat meriah. Lokasi yang nyaman dan representatif sehingga membuat peserta merasa nyaman berada di tempat acara.

Tidak seperti biasanya Pengcab Situbondo adakan latber puter pelung di tengah minggu, di hari aktif. Apalagi dua hari sebelumnya, tepatnya pada hari Minggu 28 Mei 2023 bersama komunitas Kopi Hitam juga menggelar kegiatan yang sama, di tempat yang berbeda.

Bincang-bincang tim penilai dengan Ketua LPM Mimbaan
 

Ternyata pada hari itu Pengcab Situbondo bersama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mimbaan adakan latber yang bertepatan dengan adanya penilaian Lapang Lomba Gotong Royong terbaik tingkat Provinsi yang digelar oleh Pemprov Jawa Timur.

Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur berhasil masuk ke dalam tahap penilaian Lapang Lomba Gotong royong. Dalam kesempatan itu, tim juri dari Provinsi Jawa Timur mendatangi Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji untuk melakukan penilaian.

Suryadi menjelaskan secara singkat tehnis penjurian kepada yang hadir di Warung Kebun
 

Dari ribuan Desa/Kelurahan di Jawa Timur yang mengikuti lomba gotong royong terbaik tingkat Provinsi, terpilih 3 Kelurahan yang masuk tahap penilaian lapang. Ketiga Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Ketintang, Surabaya, Kelurahan Kota Blitar, dan Kelurahan Mimbaan, Situbondo.

Latber ini sengaja diadakan dengan tujuannya untuk membuktikan pada Dewan juri lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Jawa Timur, bahwa memang ada usaha yang dilakukan oleh Karang Taruna Mimbaan. Usaha yang berupa penjualan makanan dan minuman di Warung Kebun, sekaligus base camp dari Pengcab Situbondo.

Suasana Warung Kebun saat lomba berlangsung
 

Bersama Pengcab Situbondo di tempat usaha tersempat seringkali diadakan lomba guna meramaikan tempat usaha tersebut. Kebetulan Saiful Bahri Ketua Pengcab PPPPSI Situbondo yang juga sebagai Ketua LPM, “Kita sengaja adakan latber ini untuk menunjukkan kepada tim penilai, bahwa usaha yang dilakukan oleh LPM itu memang ada,” jelas Saiful Bahri.

Lomba kali ini berlangsung seru karena selain dihadiri oleh pecinta puter pelung juga dilihat oleh pembeli makanan dan minuman Warung Kebun. Turut hadiri oleh aparat dari Kecamatan, Kelurahan, LKK Kelurahan. Bahkan terasa special karena disaksikan langung oleh tim penilai BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) Jawa Timur.

Petuga dari Kecamatan membantu penulisan piagam penghargaan
 

“Lomba berjalan lancar. Penilaian berjalan 4 babak dimana setiap babaknya berdurasi 20 menit. Peserta yang terdaftar ada sebanyak 30 burung dibagi menjadi 2 blok dengan 2 Juri Penilai dan 2 Juri Koordinator dengan 1 Juri Rekap,” cerita Suryadi yang didapuk sebagai Ketua Panitia.

“Dibantu 2 orang koordinator lapangan agar jalannya penjurian berjalan dengan lancar,” lanjut Suryadi yang juga selaku Bendahara Pengcab Situbondo itu. Sementara dari dalam lapangan diinformasikan, perebutan posisi kejuaraan berlangsung seru. Satu sama lain berusaha menampilkan performa terbaiknya.

Franco Morbidelli persembahkan trophy juara pertama untuk Ahmad Yani
 

Juri yang ditugaskan untuk menjadi juru vonis begitu fokus memilih dan memantau tiap-tiap burung yang tampil. Cuaca cerah yang berlangsung selama acara semakin meningkatkan semangat peserta untuk larut dalam kegiatan tersebut.

“Wah asik juga lombanya ya Mas,” tutur salah satu juri penilai Lapang Lomba Gotong Royong dari Surabaya. “Sayang di rumah Surabaya, saya hanya memelihara burung kicau. Suatu saat saya mau pelihara burung anggungan puter pelung juga Mas, kok bikin adem rasanya ya.”

Yen Yen angkat trophy berkat penampilan Hanoman
 

Pujiadi salah satu pecinta puter pelung yang hadir menyatakan jika Situbondo bakal lebih ramai jika diadakan lomba puter pelung khusus ring lokal dari Situbondo sendiri. Mungkin disertai juga dengan hadiah pembinaan yang cukup menarik. Sehingga bisa menarik minat para penghobi puter pelung lama dan baru.

Tentunya mereka-mereka ini nantinya bakal mencari gaco-gaco yang mampu bersaing di tingkat lokal Situbondo. Sementara di lapangan penilaian sejak dari babak pertama dimulai sampai babak empat berakhir tidak ada ada kendala apapun dan suasan terlihat guyub, rukun serta kondusif.

Sampai akhirnya, panitia mengumumkan hasil kejuaraan. Franco Morbidelli dengan ring ALS 13 dinobatkan sebagai juara pertama. Burung milik Ahmad Yani menjadi yang terbaik setelah memperoleh bendera 4 warna dan 3 warna masing-masing dua kali.

 

 
 

Dilanjutkan oleh Dewa Panji, orbitan Selamet, puter pelung dengan ring RGR 052 itu sebagai juara kedua. Sedangkan diurutan ketiga ada Hanoman ring W2P 297 gaco milik Yen Yen. “Sebenarnya gaco saya nilainya sama dengan yang juara satu cuman kalah di dasar suaranya serta kestabilannya,” ujar Ogick, joki Dewa Panji.

“Semoga lomba seperti ini bisa berlangsung terus agar kegiatan ekonomi dapat berputar. Sehingga bisa menambah pemasukan kepada warga sekitar, dan Karang Taruna Harapan Mimbaan pada khususnya,” harap Lurah Mimbaaan Nur Ilham Arifin, Amrullah, S. Sos. “Dan semoga Kelurahan Mimbaan pada lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik tingkat Jawa Timur ini menjadi yang terbaik, aamiin.” (Ramlee/SB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...