Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Sabtu, 13 Mei 2023

Bunga Air Mata Pengantin, Tanaman Hias yang Bisa Obati Diabetes



Tanaman bunga air mata pengantin adalah tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman hias ini mudah ditemukan di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini dikenal dengan beberapa sebutan di antaranya coral vine, coralina, dan bellisima grande.

Di Indonesia, jenis yang paling banyak ditemui adalah Antigonon leptopus. Selain di Indonesia, tanaman ini juga banyak ditemukan di kawasan Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika.

Bunga air mata pengantin ini memiliki warna yang indah, yaitu merah muda dan juga warna putih. Bunga air mata pengantin sangat disukai oleh serangga penyerbuk seperti kupu-kupu, lebah, semut, dan kumbang.

Bunga air mata pengantin nan elok
 

Bunga air mata pengantin adalah tumbuhan merambat (liana). Batang antigonon berusuk dengan panjang tiap rusuk sekitar 3-6 cm. Batang tersebut memiliki bulu-bulu halus serta ruas rusuk yang menggembung.

Baca juga : Bunga Mawar Salah Satu Flora Tertua di Dunia

Pada batangnya juga terdapat alat pembelit yang berfungsi untuk ‘membelit’ pohon rambatan sehingga mendukung tegaknya tanaman. Daunnya berbentuk jantung, berwarna hijau, dan permukaan daun yang bergelombang (tidak rata).

Panjang daun antigonon antara 5-10 cm. Bunga majemuk yang tersusun pada malai dan tumbuh dari ketiak daun. Mahkota bunga air mata pengantin terdiri atas 5 lembar berwarna merah jambu atau putih, yang masing-masing mempunyai panjang sekitar 7 mm.

Bentuk tiga mahkota bunga terluar bulat telur atau menyerupai jantung, sedang bentuk dua mahkota yang lebih dalam lebih runcing. Setelah semua mahkota mekar, mahkota akan membesar dan menyelubungi buah. Buahnya seperti selaput dengan warna kehijauan.

Bibit bunga air mata pengantin yang tinggal tanam
 

Sebagai tanaman liana yang merambat, bunga air mata pengantin sering ditemukan merambat pada pepohonan lainnya. Sedangkan jika dikembangkan sebagai tanaman hias di pekarangan maupun di taman, bunga ini dapat dirambatkan pada pagar maupun media rambat lainnya.

Baca juga : Karena Perawatannya Mudah Membuat Anggrek Vanda Jadi Idola Penghobi

Tanaman berbunga ini pernah menjadi tanaman favorit untuk dirambatkan pada pergola sehingga sekaligus berfungsi sebagai peneduh. Dirambatkan pada pagar, teras, dan balkon untuk mempercantik tampilan rumah.

Benih biji bunga air mata pengantin
 

Bunga air mata pengantin dapat diperbanyak melalui pembibitan bijinya, juga bisa dicangkok dan bisa disilangkan. Jadi pada saat mekar, ada dua warna yang muncul sekaligus. Untuk memperoleh tanaman bunga air mata pengantin yang subur dan sempurna, maka diperlukan pemupukan menggunakan pupuk NPK.

Sebenarnya tanpa pemupukan sekalipun, bunga air mata pengantin ini mampu tumbuh subur. Namun ada keuntungan tersendiri dengan memberikan pupuk, karena akan ditandai dengan bunga yang jadinya tidak mudah rontok.

Bunga air mata pengantin sangat disukai oleh para lebah trigona, lebah penghasil madu. Salah satu sumber pakan dari jenis lebah ini adalah nektar bunga air mata pengantin. Para lebah pekerja sangat menyukai nektar bunga tanaman Antigonon leptopus ini.

Saat musim bunga, sudah menjadi rutinitas para lebah buat menghisap nektar untuk dibawa ke sarang. Nektar inilah bahan utama madu yang diproduksi sang lebah. Ketersediaan tanaman untuk lebah ini tentunya menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha peternakan lebah madu.

Bunga air mata pengantin dirambatkan di dinding tembok taman
 

Tanaman bunga air mata pengantin bisa dimanfaatkan akar umbinya. Akarnya mengandung umbi-umbian yang biasanya berukuran kecil, namun terkadang beratnya bisa mencapai 7 kilogram. Umbi ini bisa dimasak dan dimakan dan memiliki rasa seperti kacang.

Baca juga : Paphiopedilum, Anggrek Kantung yang Terancam Punah di Indonesia

Daun dan bunga pun pun dapat dimasak. Ada yang memasaknya dengan bihun. Selain tersohor sebagai tanaman hias rambat yang indah, tanaman bunga pengantin inipun berkhasiat sebagai obat herbal.

Lebah sangat menyukai nektar bunga air mata pengantin
 

Tanaman ini bisa mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, karena kandungan yang dimilikinya berkhasiat sebagai anti trombin dan anti diabetes. Juga dapat melindungi hati karena kemampuannya sebagai hepatoprotektif.

Yang dimanfaatkan adalah akar dan rimpangnya yang diekstrak. Diseduh lalu diminum. Ternyata bunga air mata pengantin tidak hanya sebagai tanaman hias tetapi dapat sekaligus sebagai tanaman obat. (Ramlee)

 



Sumber : remen.id

 

Bunga Air Mata Pengantin Tanaman Hias yang Berguna bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...