Blog tentang hobi dan kreasi jadi rejeki

Selasa, 02 Mei 2023

Galaxy Rasbora, Ikan Hias Mini Asal Myanmar



Ikan Galaxy Rasbora (Danio margaritatus) adalah salah satu jenis ikan hias yang menarik dan unik. Dikenal karena warnanya yang cerah dan corak yang indah, ikan ini banyak dipilih sebagai ikan hias dalam akuarium.

Meskipun begitu, ikan ini belum terlalu populer di Indonesia sehingga masih tergolong sebagai ikan hias dengan tingkat persaingan yang lebih rendah. Rasbora Galaxy adalah jenis ikan hias yang relatif mudah dipelihara, dan cocok untuk pemula yang ingin memulai hobinya dalam memelihara ikan hias.

Ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 2,5 cm hingga 3 cm saja, sehingga tidak membutuhkan akuarium yang terlalu besar. Galaxy Rasbora umum di kenal dengan Celestrial Pearl Danio adalah ikan cyprinidae kecil yang berasal dari Myanmar tepatnya dari danau Inle.

Ikan rasbora galaxy lebih suka hidup berkelompok

Meskipun ikan ini relatif mudah dipelihara, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan ikan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan hias Rasbora Galaxy adalah mengatur kondisi air dalam akuarium.

Baca juga :  Memelihara Ikan Hias Makin Diminati Penghobi

Ikan ini membutuhkan air yang bersih dan ber pH seimbang, serta suhu air yang tepat. Ikan ini juga membutuhkan tanaman dan tempat persembunyian, seperti batu atau kayu, dalam akuarium agar merasa nyaman. Galaksi rasbora hidup pada daerah berarus dengan adanya banyak tanaman air dengan suhu 20-26 derajat Celcius serta pH 6,5-7,5.

Ukuran ikan ini begitu kecil, terlihat perbandingannya dengan telapak tangan
 
Ikan Rasbora Galaxy memiliki warna merah cerah dengan corak seperti bintang-bintang atau galaksi pada bagian sisiknya, sehingga diberi nama “Galaxy”. Galaxy rasbora memiliki warna badan yang cerah dengan tunjukkan sebagian sexual dimorphism.

Pejantan memiliki warna background badan biru cerah (betina condong biru – hijau pucat) dengan badan yang umumnya memiliki ukuran semakin besar di banding betina. Badan ikan ini ditaburi dengan adanya banyak titik – titik mutiara kecil dengan warna sirip yang strip hitam – merah. Ikan betina memiliki warna perut yang kekuningan dengan sirip berwarna merah atau orange muda.

Baca juga :  Ikan Sumpit, si Ninja Bawah Air

Ikan Rasbora Galaxy menyukai hidup berkelompok, sehingga sebaiknya dipelihara dalam kelompok yang terdiri dari beberapa ekor ikan. Ikan ini memiliki perilaku aktif di dalam akuarium, seringkali terlihat berenang dan bermain-main di sekitar tanaman atau dekorasi yang ada di dalam akuarium.

Ikan ini termasuk jenis ikan omnivora yang memakan segala jenis makanan, baik itu makanan hidup seperti plankton atau kutu air, maupun makanan olahan seperti pelet ikan. Namun, sebaiknya jangan memberikan makanan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Ikan rasbora galaxy lebih sering dipelihara untuk memperindah tampilan aquascape

Selain itu juga dapat diberikan makanan tambahan berupa sayuran, seperti bayam atau kangkung yang telah direbus terlebih dahulu. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, sebaiknya memberikan porsi makan yang cukup dan sesuai dengan jumlah ikan yang dipelihara.

Perlu diingat bahwa overfeeding atau memberikan makanan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ikan, seperti obesitas dan penyakit yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk.

Tumbuhan dan ornamen lainnya dibutuhkan agar ikan rasbora galaxy merasa nyaman
 

Di habitat aslinya, ikan ini menempati kolam-kolam kecil yang dangkal serta bersuhu hangat waktu musim panas. Galaksi rasbora sering mengonsumsi invertebrata kecil, alga serta zooplankton yang lain.

Di aquarium juga direferensikan selalu untuk memberikan pakan hidup seperti Daphnia, Artemia serta sebagian dryfood. Pemberian pakan hidup akan mendorong ikan untuk lakukan breeding/reproduksi.

Baca juga :  Ikan Guppy, Ikan Hias yang Kaya Warna dan Jenis

Budidaya bisa dilakukan menggunakan aquarium. Aquarium yang memiliki ukuran 30 x 20 x 20 cm serta berisi sebagian tanaman seperti wool mops serta java moss, serta disiapkan juga tempat yang cukup untuk bergerak. Tempat budidaya tidak membutuhkan adanya pencahayaan serta filtrasi, cukup alat gelembung udara.

Sepasang ikan dewasa ditempatkan ke dalam setiap wadah budidaya. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk mengurangi kemungkinan ikan jantan memakan telur mereka. Sesudah ikan betina bertelur, harus segera memisahkan ikan jantannya.

Gambar atas merupakan ikan rasbora galaxy jantan, sedang yang bawah betina
 

Karena ikan jantan biasanya bakal mengonsumsi apa pun yang ada serta juga untuk memulihkan keadaan betina. Telur akan menetas sesudah 3-4 hari. Anakan ikan itu bisa mengonsumsi paramaecium, artemia naupli serta microworm, atau apa pun yang memiliki ukuran 5 – 50 micron. (Ramlee)




Sumber : remen.id



Ikan Rasbora Galaxy, Ikan Hias Berukuran Super Mini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latber Malam Road to Margo Trophy, Jaladri dan Maha Raja Raih Bendera Enam Warna, Bimo Juara

Setelah sukses pada penyelenggaraan latber sebelumnya, Latber Road to Margo Trophy kembali digelar pada Sabtu, 14 September 2024 di Gantanga...